PJ Bupati Jeneponto Bersama Dinas Pertanian Tinjau Lokasi Penangkaran Benih Padi

GerbangtimurNews.Com-Jeneponto: PJ Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri,S.Sos,MH didampingi sekretaris dinas pertanian jeneponto, Bambang Haryanto SP.MM, dalam Peninjauan lokasi penangkaran benih padi di Desa. Kalumpang loe, Kecamatan Arungkeke, Kab. Jeneponto, Minggu 31/03/24.

Penangkaran benih padi secara mandiri untuk memastikan hal ini, Edi Mengunjungi lokasi Penangkaran Padi di Desa Kalumpang loe

Junaedi Bakri mengapresiasi pihak Dinas Pertanian, yang telah kreatif mengolah dan memasarkan hasil pertanian dengan tidak dijual kepada tengkulak untuk dikonsumsi secara langsung, tetapi hasil panen padi di desa ini diproses penangkaran benih padi.

Oleh sebab itu dia mendorong agar budidaya penangkaran benih padi ini menjadi percontohan di Jeneponto

“Kalau masyarakat sudah mampu untuk membuat benih sendiri, maka produktivitas petani akan semakin meningkat dan tentunya kesejahteraan masyarakat petani juga akan meningkat,” tuturnya.

Untuk mencapai kedaulatan pangan nasional, sebut PJ Bupati, kita tidak hanya melakukan penangkaran benih padi unggul, namun juga pertanian di Kabupaten Jeneponto sudah harus menerapkan modernisasi pertanian menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) serta memperhatikan sektor bisnis sehingga lahan satu hektar dapat menghasilkan seperti lahan 3 hektar.

“Dilakukannya penangkaran ini tidak lain untuk meningkatkan pendapatan para petani,Sebab dengan penangkaran bibit, para petani tidak hanya menjual beras saja, namun juga diharapkan menjual bibit benih padi unggul yang harga jualnya lebih tinggi,”ucapnya

Pembangunan pertanian sub sektor tanaman pangan dan hortikultura memiliki peranan strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

“Kebutuhan pangan masyarakat terus meningkat setiap tahun, untuk itu kita harus mencanangkan program peningkatan produksi padi dengan peningkatan indeks pertanaman sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi, termasuk dengan menambah penangkaran padi di kab jeneponto yang baru tiga yakni 2 di turatea dan satu di kalumpang loe, saya juga akan terus berupaya untuk bekerjasama dengan pihak perbankan agar membantu petani dengan mekanisme living cost serta menghubungi balai penangkaran yang ada di maros agar hal ini dapat terealisasi” kata Edi sapaan Penjabat bupati Jeneponto ini.

Ditempat yang sama Sekretaris dinas pertanian jeneponto, Bambang Hariyanto, SP. MM menambahkan bahwa, kami pihak dinas pertanian mendampingi langsung bapak pj bupati jeneponto dalam Peninjauan lokasi penangkaran benih padi di desa kalumpang loe kecamatan arungkeke kabupaten jeneponto.

“Bapak pj bupati punya impian besar terkait pengembangan penangkaran benih padi di kabupaten jeneponto jadi kita tidak hanya memproduksi beras konsumsi tapi juga memproduksi benih padi untuk mendukung peningkatan produksi sekaligus menambah nilai ekonomi komoditi tersebut dan kami siap bekerja untuk itu,” tutup Bambang Hariyanto