DPRD Tubaba Gelar Rapat Paripurna Raperda APBD Th. 2024

Berita, Daerah55 Dilihat
Gerbangtimurnews.com, TUBABA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat menggelar rapat paripurna rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD tahun 2024, Kamis (23/11/2023).
Ketua DPRD Tubaba, Ponco Nugroho melalui juru bicara badan anggaran, Muammil mengatakan, dalam APBD 2024 disepakati Rp 917,2 miliar, dalam sidang paripurna tingkat II di DPRD tentang pengesahan RAPBD 2024.
Dana belanja terbesar dialokasikan untuk operasional dan modal Rp766,4 miliar. Sedangkan belanja tidak terduga Rp2 miliar dan belanja transfer Rp148,8 miliar.
Sementara, pendapatan daerah diproyeksikan Rp925,2 miliar yang bersumber dari pendapatan asli daerah Rp49,8 miliar, pendapatan transfer Rp875,4 miliar, dan lain-lain pendapatan yang sah Rp11,2 miliar.
Selanjutnya,penerimaan pembiayaan disepakati Rp5,9 miliar, pengeluaran pembiayaan Rp14 miliar, dan pembiayaan netto Rp8 miliar.
“Hasil kesepakatan proyeksi pendapatan Rp925,2 miliar dan belanja Rp917,2 miliar. Terdapat surplus Rp 8 miliar,” ujar Muammil.
Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tubaba yang telah bersama-sama melakukan pembahasan dalam rangkaian proses penyusunan sampai dengan ditandatanganinya nota kesepakatan atas Raperda tentang APBD Kabupaten Tubaba Tahun Anggaran 2024 pada hari ini,” ucap Pj Bupati Firsada.
Firsada menyebutkan, dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2024 ini, akan menjadi dasar dalam penyusunan Peraturan Bupati tentang penjabaran APBD yang menjadi pedoman dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan di seluruh OPD.
Selain itu saya berharap kita dapat bersama-sama melakukan pengawasan dalam pelaksanaan seluruh program kebijakan dan kegiatan yang tercantum pada Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024 yang telah disepakati ini agar dapat berjalan lancar dan tepat sasaran, sehingga bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba ,” tandasnya. (Yd)