Gerak cepat PLN atasi tower transmisi kritis pada jalur transmisi Wolo – Kolaka

Berita, Nasional53 Dilihat

GTN I Kendari – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sulawesi bergerak cepat mengatasi tower transmisi kritis di jalur Transmisi 150KV Wolo – Kolaka, Sulawesi Tenggara.

“Sore ini tim PLN Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Kendari menuju lokasi tower transmisi kritis nomor 202 untuk melakukan mobilisasi material dan melakukan pemasangan skur pengaman, skur ini sebagai langkah antisipasi kami agar kemiringan tower tidak semakin bertambah, sembari kami persiapkan tindakan untuk pemulihan kondisi tower secara keseluruhan”, ungkap Jarot Setiawan – General Manager UIP3B Sulawesi.

Selanjutnya tim tambahan akan segera tiba untuk melakukan pemasangan Tower Emergency Restoration System (ERS) disekitar lokasi. “Pembangunan Tower ERS ini merupakan langkah mitigasi PLN, dimana tower ERS ini akan berfungsi mengambil alih sementara peran tower 202 yang mengalami kondisi kritis akibat adanya pergerakan kontur tanah disekitar tapak tower, hal ini tentunya untuk meminimalisir dampak pasokan listrik kepada pelanggan selama perbaikan tower utama”, tambah Jarot.

Langkah ini kami lakukan untuk menjaga keandalan Pasokan listrik ke sub sistem Sulawesi Tenggara, diketahui tower tersebut mengalami deformasi akibat penurunan kaki tower, ditambah lagi lokasi tersebut berada pada medan yang cukup curam dengan kemiringan yang tinggi.

Tower Transmisi merupakan aset vital dalam penyaluran tenaga listrik, termasuk tower nomor 202 ini yang merupakan jalur utama transmisi yang menyalurkan energi listrik untuk masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara tutup Jarot.