Adu Jotos Petugas Pemadam Kebakaran Dengan Warga di Tengah Kepanikan Kebakaran di Jalan Muh Tahir

Daerah, Hukum75 Dilihat

GTN l Makassar – Warga Kampung Lepping, Jalan Muh Tahir, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terlibat adu jotos bersama petugas pemadam kebakaran, pada hari Senin (30/10/2023)

Adu jotos tersebut terjadi ditengah kebakaran hebat melanda di kawasan padat penduduk, sejumlah warga yang panik, sempat bersitegang dengan petugas pemadam kebakaran di lokasi hingga nyaris terlibat adu jotos

Pada saat itu beruntung, beberapa petugas yang ada di lokasi cepat melerai keributan itu. Dari informasi kebakaran itu terjadi Senin pukul 18.45 Wita.

Dilokasi kebakaran sempat diwawancarai Danton II Damkar Makassar atas nama Ramli, ia mengatakan, pihaknya sempat mengalami kendala saat berupaya memadamkan api lantaran banyaknya warga berdesakan.

“Tim pada saat ini hanya ber kendala, kepada warga, dirinya mengimbau kalau ada kejadian begini jangan merapat ke tempat kejadian karena akses kami susah untuk bekerja. Apalagi, lorong dan rumah padat penduduk,” ungkap Ramli, yang ditemui wartawan di lokasi, Senin (30/10)

Ramli juga membenarkan bahwa sempat terjadi ketegangan antara warga dan petugas saat berupaya memadamkan api di lokasi.

“Keos dengan warga, itu hal biasa kesalahpahaman,” ujarnya

Petugas baru bisa menguasai api dua jam kemudian. Ramli juga menyebut, saat proses pemadaman, ada satu anggota Damkar Makassar yang harus dilarikan ke rumah sakit lantaran terjatuh dari atap rumah saat memadamkan api.

“Anggota yang terluka, saat ini sementara menjalani perawatan di rumah sakit. Satu orang, dia terjatuh dari lantai dua,” beber Ramli.

Untuk dapat menguasai api, Damkar Makassar menerjunkan sedikitnya 17 armada dengan kekuatan personel puluhan orang.

Menurutnya kuat dugaan pemicu kebakaran akibat adanya warga yang membakar lilin dan mengenai bahan yang mudah terbakar.

Api juga cepat menyebar lantaran rumah di kawasan itu rata-rata bangunan semi permanen.

“Total keseluruhan ada 17 unit. Informasi ada lilin yang menjadi pemicu kebakaran, ini belum bisa kami pastikan, nanti pihak yang berwajib yang memastikan hal ini,” ungkapnya

Sementara Kapolsek Tamalate AKP Aris Sumarsono mengungkapkan bahwa dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Pihaknya juga sementara masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran itu.

“Tidak ada korban jiwa, sementara masih diselidiki (penyebab kebakaran) tentunya, kita masih akan lakukan pemeriksaan terhadap warga di lokasi sendiri,” kata Aris.