10 Rumah dan Kios Warga Ludes di Lalap Api di Perum Batu Putih Jayapura

Daerah, Nasional322 Dilihat

GTN l Jayapura – Terjadi kebakaran di Perumahan Batu Putih, samping Bank BTN Jayapura dengan alamat RW 3/RT 2, Kelurahan Numbay, Distrik Jayapura Selatan (Japsel) pada Rabu, 1 November 2023. Dugaan sementara dari sambungan arus listrik (korsleting) dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh petugas kepolisian.

Kabid Damkar Kota Jayapura, Margaretha Veronita Kirana menyatakan pihaknya menerima laporan warga pada pukul 04.55 WIT. Kemudian langsung dilakukan ferifikasi dan dilanjutkan dengan perintah ke Pos terdekat, yakni pos Mako, pos sektor Distrik Japsel dan Pos Sektor Youtefa menuju lokasi kebakaran.

Damkar dari Pos Mako tiba dilokasi, disusul armada dari Pos sector Japsel dan Pos Sektor Youtefa pada pukul 05. 15 WIT.

Pihak Damkar menurunkan 3 water cannon , dibantu 2 unit. AWC milik Polda Papua, serta 1 unit Mobil Tanki milik PDAM , dan 1 unit. Water Cannon milik Lantamal .

Menurut Veronita petugas mengalami kesulitan dalam pemadaman, karena lokasi dan medan yang sangat menyulitkan armada damkar untuk tiba di lokasi.

Pemadaman dilakukan dengan berbagai upaya dan Api dapat dikendalikan pada pukul 07.00 WIT. Dilanjutkan dengan pembasahan total. Dimana memakan waktu yang cukup lama mengingat lokasi yang sangat sulit dijangkau dan petugas harus bejibaku dalam pemadaman dimaksud.

Obyek yang terbakar, diantaranya rumah warga kurang lebih 10 rumah, tempat usaha/kios milik warga.

Kendala yang dihadapi yaitu lokasi yang sulit dijangkau dan selang kebakaran. Diketahui tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir 1,5 miliar lebih.

Personil turun, diantaranya Kabid Damkar, Kasie Ops, para Danru dan anggota piket dari pos Mako , pos Sektor Japsel dan Pos Sektor Youtefa.