Unik dan Menarik! Ribuan Knalpot Brong Sitaan Polrestabes Makassar Disulap Jadi Patung Ikan Raksasa

GerbangtimurNews.com-Makassar: Sebuah patung ikan raksasa setinggi sembilan meter berdiri gagah di perempatan Fly Over yang menghubungkan Jl Urip Sumoharjo, Jl AP Pettarani, dan Jl Tol Reformasi.

Ini bukan patung ikan biasa. Tetapi karya seni instalasi yang terbuat dari 5.000 knalpot brong yang disita pihak kepolisian.

Patung ini adalah simbol dari upaya Sat Lantas Polrestabes Makassar dalam menertibkan pengendara motor yang menggunakan knalpot bising, khususnya di kalangan Remaja Memang ini dalam rangka menertibkan pengendara-pengendara motor yang masih melakukan pelanggaran, khususnya anak-anak remaja yang masih menggunakan knalpot brong,” ujarnya, Jumat (26/7/2024).

Patung ikan ini bukan hanya ikon baru bagi kota Makassar, tetapi juga sebuah pernyataan tegas bahwa kota ini menolak penggunaan knalpot brong.

“Itu sebagai tanda bahwa Makassar menolak knalpot brong, ditandai dengan patung knalpot berbentuk ikan. Karena ikan ini sebagai salah satu ikon kota Makassar,” jelas Mamat.

Proses pembuatan patung ikan ini bukanlah hal yang mudah. Dicanangkan sejak masa jabatan Kasat Lantas sebelumnya, proyek ini dilanjutkan oleh Mamat karena melihat potensi besar untuk menjadi ikon kota.

“Ini dibangun sebetulnya sejak Kasat Lantas yang lama, tetapi melihat prospek bagus dan sebagai ikon kota Makassar jadi saya lanjutkan pembangunannya,” tambahnya