Presiden Jokowi Akan Hadir Langsung DiKota Beriman Balikpapan, Tuan Rumah Hari Jalan Kaki Sedunia

BALIKPAPAN,GTNews.Com Sesuai arahan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir, seluruh perusahaan diimbau untuk mengerahkan pekerjanya dalam menyukseskan agenda Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day/WWD) yang tahun ini diputuskan dilaksanakan di Kota Balikpapan.

Acara yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo ini ditargetkan melibatkan hingga 5.000 orang dari masyarakat umum, termasuk 500 tamu yang akan ikut serta dalam kegiatan jalan kaki di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan melakukan penanaman pohon.

Pelaksanaan kegiatan WWD tahun ini semakin spesial karena Kota Balikpapan terpilih sebagai tuan rumah event WWD ke-8, yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2024. Persiapan acara sudah mencapai tahap finalisasi, seperti yang disampaikan

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Timur, Tri Murti Rahayu, dalam rapat di Balaikota Balikpapan, Senin (23/9/2024).

“Pelaksanaan dimulai pagi hari, sekitar jam 05.30 WITA. Lalu akan ada olahraga bersama, dan beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan masyarakat,” ujar Tri Murti Rahayu.

Agenda jalan kaki tidak hanya berlangsung di Balikpapan, namun juga di IKN Nusantara, yang diharapkan menarik minat hingga 500 tamu dari berbagai daerah dan negara. Para peserta dapat mendaftar di tempat saat acara berlangsung, dan tidak dipungut biaya.

Partisipasi Internasional di WWD 2024

Kegiatan ini juga menjadi ajang internasional dengan kehadiran anggota Tafisa ASEAN Forum dan tamu-tamu dari berbagai negara. Diperkirakan akan ada 220 tamu mancanegara, termasuk perwakilan dari 11 negara ASEAN, 6 negara peninjau, serta Tafisa Internasional yang berbasis di Jerman. Negara-negara peninjau termasuk Australia, Selandia Baru, dan Maroko.

Tafisa adalah organisasi olahraga masyarakat yang berpusat di Jerman, yang menginisiasi Hari Jalan Kaki Sedunia pada tahun 1991. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan kesehatan melalui olahraga sederhana, seperti berjalan kaki, yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa memandang usia atau status sosial.

Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, menyambut baik pelaksanaan WWD di kota ini, menegaskan bahwa kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah menunjukkan bahwa Balikpapan adalah kota yang aman dan kondusif.

“Kami berharap acara ini juga dapat menggerakkan sektor ekonomi, terutama melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan,” kata Muhaimin.

selain itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga mengajak semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turut menyukseskan event ini. Beberapa kegiatan tambahan yang akan diselenggarakan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pengujian gas emisi kendaraan, serta bazar UMKM.

Dengan kehadiran tamu-tamu mancanegara dan dukungan penuh dari pemerintah setempat, Balikpapan diharapkan dapat menyelenggarakan Hari Jalan Kaki Sedunia 2024 dengan sukses. Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan, tetapi juga memperkenalkan Balikpapan sebagai kota yang mendukung kegiatan berskala internasional. (HK)