Kapolresta Balikpapan Tinjau Lokasi Acara Debat Pilkada 2024

BALIKPAPAN,GTNEWS.COM – Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Anton Firmanto melakukan peninjauan di lokasi jelang debat pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Balikpapan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Hotel Novotel, Rabu (23/10/2024) malam ini.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk memastikan kelancaran debat Pilkada Balikpapan 2024.

“Malam ini akan digelar debat, maka sebelum kegiatan itu dimulai kami beserta satuan tugas Operasi Mantap Praja Manutung memastikan lokasi sudah steril,” ujar Anton, saat ditemui di lokasi pada Rabu (23/10/2024) sore.

Menurut Anton, setelah melakukan pengecekan, pihaknya memastikan bahwa lokasi debat sudah siap dari segi keamanan.

Ia menjelaskan bahwa aparat keamanan akan ditempatkan di sejumlah titik strategis di sekitar lokasi debat, terutama di area yang dianggap penting.

“Personel akan ditempatkan di beberapa titik krusial untuk memastikan keamanan debat,” tuturnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga menyiapkan pos pemeriksaan bagi setiap orang yang akan memasuki area debat, termasuk pemeriksaan melalui secdoor (security door).

Sementara itu, Komisioner KPU Balikpapan, Suhardi menyampaikan bahwa debat akan berlangsung selama 120 menit dan disiarkan secara langsung di salah satu stasiun televisi swasta.

“Debat akan berlangsung selama dua jam, dengan jeda waktu 30 menit. Debat ini dibagi menjadi enam segmen,” jelas pria yang akrab disapa Adi ini.

Adi menjabarkan bahwa segmen pertama akan diisi dengan pembukaan, diikuti pembacaan visi dan misi dari masing-masing pasangan calon.

Segmen-segmen berikutnya akan mencakup pendalaman visi-misi, debat antar paslon, serta sesi tanya jawab dari panelis.

 

“Yang penting diperhatikan adalah aturan selama debat, termasuk larangan bagi pasangan calon untuk menyela saat lawan berbicara,” tambahnya.

Dalam upaya menjaga ketertiban, Adi juga menegaskan, jumlah pendukung yang diizinkan masuk ke dalam lokasi debat dibatasi hanya 50 orang perpaslon

Selain itu, para pendukung tidak diperbolehkan membawa atribut kampanye tambahan, kecuali pakaian yang mereka kenakan.

Dengan persiapan matang dari segi keamanan dan tata tertib, diharapkan debat kali ini berjalan lancar dan memberikan gambaran lebih jelas kepada masyarakat mengenai visi-misi para calon pemimpin Balikpapan.