Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto Distribusi Bantuan Pompanisasi Kepada Kelompok Tani

GerbangtimurNews.com-Jeneponto: Dinas pertanian Kabupaten Jeneponto mendistribusikan 828 unit bantuan pompa air kepada kelompok tani yang diperuntukkan perluasan Areal Tanam, Peningkatan IP serta penyelamatan tanaman padi yang kekeringan, Kamis 5/9/24.

Program pompanisasi ini mengandalkan air permukaan seperti sungai dan air tanah dangkal. Adapun komoditi prioritas pada program ini adalah komoditi padi akan tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk komoditi tanaman pangan lainnya

 

“Sekertaris Dinas pertanian Jeneponto Bambang Hariyanto Sp.MM, mengatakan bahwa ada 828 unit bantuan pompanisasi, Tujuan program ini adalah untuk menjaga stabilitas produksi padi di Kabupaten Jeneponto ”ujar Bambang Hariyanto Kamis, 5 September 2024.

Bantuan yang diterima tersebut sesuai dengan usulan yang disampaikan Dinas Pertanian Jeneponto kepada Kementerian Pertanian.

“Pompa-pompa ini disebar di sentra-sentra produksi padi yang memang membutuhkan bantuan pompanisasi. Untuk satu pompa berfungsi mengairi 6 sampai 10 hektar sawah, jadi pembagian pada kelompok tani menyesuaikan luasan lahan,”terang Bambang

Lebih lanjut dikatakan Bambang, dengan adanya bantuan pompa itu, dapat membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi kelompok tani. Oleh karena itu dirinya berpesan kepada kelompok tani penerima, manfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya.

“Harus saling berbagi untuk memanfaatkan bantuan. Misalkan dalam kelompok itu ada 10 sampai 15 orang harus dipakai bersama-sama secara bergantian,”jelas Bambang.

Dengan pompanisasi ini, sekalipun kondisi alam kurang mendukung atau irigasinya tidak berfungsi, maka petani tetap bisa menanam padi.