Hari Pelanggan Nasional, PLN selesaikan recovery Tower 108 Otam-Molibagu pasca longsor dan pastikan pasokan listrik lancar

Berita, Nasional113 Dilihat

GTN | Bollang Mongondow Selatan  – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Beban (UIP3B) Sulawesi berhasil melakukan energize pada kedua line jalur Transmisi 150 Kilovolt Otam – Molibagu pada 26 Agustus 2024.

Proses energized ini ditandai dengan berhasilnya pemberian tegangan pada kedua sisi konduktor, sebelumnya jalur Transmisi ini sempat terputus akibat banjir dan tanah longsor disekitar tower transmisi yang berakibat pada tower 108 mengalami kondisi kritis.

Setelah hampir 2 minggu dengan medan yang cukup berat, akhirnya Tim berhasil menyelesaikan pekerjaan Recovery ini. Hari ini Jalur Transmisi Otam – Molibagu kembali beroperasi yang sebelumnya manuver beban dialihkan kejalur lain ungkap Nurdin Pabi General Manager PLN UIP3B Sulawesi.

Diakui olehnya medan yang cukup terjal dan kondisi longsor yang bisa datang kapan saja menjadi salah faktor sulitnya untuk melakukan mobilisasi material kelokasi recovery, tambah Nurdin.

Selama sembilan hari terakhir, tim PDKB dan ERS dari PLN UIP3B Sulawesi bekerja tanpa henti untuk memperbaiki struktur tower yang terdampak dan melakukan penguatan di area tanah longsor. Pemulihan ini juga melibatkan berbagai unit kerja dan mitra strategis guna memastikan stabilitas jaringan transmisi serta mencegah gangguan serupa di masa mendatang.

Alhamdulillah pada hari ini kami telah selesai melakukan pekerjaan recovery tower 108, kami melakukan tindakan kuratif dengan melakukan bypass konduktor dari tower 109 ke tower 107 sembari dilakukan perbaikan menyeluruh untuk tower 108, paparnya.

Terimakasih kepada semua stakeholder dan masyarakat atas dukungan dan doanya sehingga pekerjaan recovery ini dapat berjalan sesuai schedule, tutup Nurdin.