Di Hari Pelanggan Nasional, Warga Desa Binanga Parigi Sulteng Kini Bisa menikmati Air Bersih dari PLN

Berita, Nasional83 Dilihat

GTN | Parigi – Memperingati Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024, PT. PLN (Persero) Unit Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sulawesi melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menjawab kebutuhan masyarakat dengan memberikan instalasi sarana sumber air bersih berkapasitas 42.000 liter di desa Binangga, Kabupaten Parigi Sulawesi Tengah.

General Manager PLN UIP3B Sulawesi, Nurdin Pabi menyampaikan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim baik dari internal PLN dan stakeholder terkait diantaranya Bupati Parigi Moutong, Kadis PUPR, Camat Parigi Tengah, Kepala Desa Binangga, Mitra PLN Yayasan Galang Bersama Kami serta warga Desa Binangga yang turut berperan aktif sehingga instalasi sarana sumber air bersih ini bisa selesai dibangun dan bisa dinikmati manfaatnya langsung oleh masyarakat desa Binanga Kabupaten Parigi. “ Harapannya kita sama sama menjaga instalasi air bersih ini dengan baik. Sehingga sustainable pasokan air bersih bisa terus terjaga sampai berpuluh puluh tahun kedepan. “ tambah Nurdin.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Parigi Moutong, Ricard Arnaldo SE., MSA menuturkan progam TJSL PLN UIP3B Sulawesi merupakan program yang sangat bagus dari salah satu perusahaan milik negara terbesar di negara kita ini dalam memenuhi kebutuhan dasar dan ketahanan pangan masyarakat.

Kita semua paham bahwa kebutuhan air bersih sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Tanpa air bersih kelangsungan hidup masyarakat pastinya akan terganggu. Bantuan sarana sumber air bersih ini meruapakan salah satu inisiasi mulia dari PLN untuk kami. “ Saya berharap setelah ini masyarakat bisa merawat dengan sebaik-baiknya karena ini merupakan amanah yang akan berguna dalam jangka panjang” ujar Richard

Sarana penampungan air bersih ini dibuat dengan kapasitas 42.000 liter dengan sistem dua kali filtrasi biologis mampu menyuplai kebutuhan 200 sampai 300 Kepala Keluarga di desa Binangga atau setara dengan 1.200 jiwa.

Mewakili masyarakat Desa Binanga Kabupaten Parigi, Kepala Desa Binanga, Amar Mak’ruf mengucapkan rasa syukur dan terimakasih sebesar besarnya kepada PLN dan pemerintah daerah setempat atas kolaborasi terbaiknya sehingga sarana penampungan sumber air bersih ini berhasil diresmikan dan langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. “Saya selaku kepala desa akan mengatur dalam proses pendistribusian air bersih ini nantinya. Kami juga berkomitmen akan menjaga aset baru desa kami ini sebaik baiknya sehingga sumber air bersih ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.” tambah Amar

Selanjutnya Nurdin berpesan bahwasanya kegiatan positif ini tidak akan berhenti disini. “ Kami berharap program serupa akan bergulir terus dari tahun ke tahun tidak hanya ke masyarakat ring 1 terdekat dengan instalasi listrik PLN, akan tetapi bisa meluas sampai lapisan masyarakat terluar di Kabupaten parigi sampai Provinsi Sulawesi Tengah.” tutup Nurdin.