WAKIL BUPATI KUNINGAN MENGUKUHKAN IKM/UMKM BINANGKIT UNTUK MEWUJUDKAN PARA PELAKU USAHA YANG HANDAL DAN PINUNJUL BERBASIS DIGITAL

74

Gerbangtimurnews, Kuningan Jawa Barat

Minggu, 20/02/2022

Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda, SH., M.Si mengukuhkan Komunitas IKM/UMKM Binangkit dengan Tema Mewujudkan Para Pelaku Usaha yang Handal dan Pinunjul Berbasis Digital Kamis (17/02/2022), dalam pengukuhan tersebut dilakukan juga pembekalan serta pembinaan dari Instansi terkait diantaranya Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kab. Kuningan selaku Dinas yang membina seluruh komunitas IKM/UMKM Binangkit dan yang mengeluarkan izin legalitas formal seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Perusahaan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kuningan.

Instruktur Senior Wigono, SIP mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kuningan dalam sambutannya; “merasa bangga dengan alumni peserta latih BLK Kab. Kuningan dengan membentuk Komunitas IKM/UMKM Binangkit dan berharap bisa maju, dapat bersaing dan bermanfaat buat masyarakat Kab. Kuningan dalam peningkatan perekonomian.

Dalam sambutan Ketua Umum IKM/UMKM Binangkit Udin Jaenudin menjelaskan, “bahwa IKM/UMKM Binangkit ini kita dididik untuk mandiri dan tidak takut bersaing dengan para pelaku usaha yang lain atau komunitas IKM/UMKM yang lain karena anggota IKM/UMKM Binangkit sudah dibekali keterampilan dan pengetahuan selama mengikuti pelatihan di BLK bahkan sudah diuji kompetensi yang dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi dan Asesor dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bandung”.

Sementara itu Kasi Perindustian Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kab. Kuningan Sutin, SP mengatakan dalam sambutannya, ”mengapresiasi dengan terbentuknya IKM/UMKM Binangkit salah satu IMK / UMKM yang maju, berinovasi dan berpandangan kedepan dalam peningkatan ekonomi anggota dan masyarakat”.

Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda, SH., M.Si dalam sambutannya mengatakan, “merasa bangga dengan adanya IKM/UMKM Binangkit selain dapat meningkatkan kreatifitas IKM/UMKM Binangkit tersebut juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga banyak yang terbantu perekomoniannya. Selain itu dengan berkembangnya IKM/UMKM Binangkit di Kab. Kuningan tidak perlu banyak industri dan perusahaan lainnya dengan majunya setiap IKM/UMKM kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan, perekonomian masyarakat Insya Allah akan tetap stabil disamping itu setiap pengusaha IKM/UMKM tentunya harus selalu optimisme dalam mencapai kesuksesaan dan tetap semangat”. Lanjutnya Beliau juga menjelaskan harus terus berimprovisasi, berinovasi, berkreasi dengan ide-ide yang cemerlang dan kekinian dengan digital marketing. Ditambahkan juga dalam sambutannya, “untuk kedepannya saya berharap kepada Diskopdagperin izin PIRT dan NIB untuk para pelaku IKM/UMKM harus ditambah dan diperhatikan untuk memudahkan masyarakat dalam menjual produknya”.  

Sementara itu ditempat terpisah Pembina IKM/UMKM Binangkit Dedi Hanapiah, SE yang juga merupakan Instruktur Senior Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian/Prosesing/Tata Boga mengatakan, “sangat bersyukur dengan dikukuhkannya Komunitas IKM/UMKM Binangkit tersebut, seluruh anggota IKM/UMKM Binangkit merupakan Alumni Peserta Latihan Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian/Prosesing/Tata Boga yang tentunya sudah terampil dibidangnya yang dibuktikan dengan mempunyai Sertifikat Latihan dari Balai Latihan Kerja dan Sertifikat Uji Kompetensi yang dikeluarkan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi”.

Sehingga diharapkan mampu dan dapat bersaing dengan para pelaku usaha yang sudah ada. Harapan pembina IKM/UMKM Binangkit mudah-mudahan anggota Komunitas IKM/UMKM Binangkit bisa menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kab. Kuningan diantaranya Diskopdagperin dan Dinas-dinas liannya untuk kemajuan anggota Komunitas IKM/UMKM Binangkit. Tetap berkarya, berinovasi dan eksis walaupun dimasa sulit seperti masa pandemi covid 19 demi kemajuan perekonomian anggota dan organisasi, selain itu siap menghadapi situasi menjelang hari-hari besar keagamaan.

ERHAN HERDIYANTO (KORWIL JAWA BARAT)