Tim Transmigrasi Sulsel Tinjau Lokasi di Kabupaten Wajo

351

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAKASSAR: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan kunjungan kawasan transmigrasi di lokasi Bekkae Sp 2 Kabupaten Wajo, Kamis 14 Oktober 2021.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tautoto yang diwakili Kabid Ketransmigrasian Sulsel, Skamrah Syam mengatakan kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan dan perlengkapan di lokasi tersebut yang nantinya ditempati sebanyak 21 Kepala Keluarga (KK).

“Peninjau lokasi dalam rangka untuk penempatan TPS untuk tahun ini yang 21 Kepala Keluarga, itu yang ditinjau lokasinya termasuk rumahnya terus saluran air bersihnya terus bantuan-bantuan lain untuk perlengkapannya dalam rumah yang ditempati nanti,” ujar Syam.

Ia mengatakan lokasi Bekkae Sp2 ini awalnya direncanakan akan ditempati 40 KK, hanya saja sudah dilakukan perubahan akibat dampak pandemi Covid-19 sehingga harus dilakukan penyesuaian.

“Jadi tim turun di lokasi itu fokus di 21 rumah tapi yang sebenarnya sudah terbangun itu 40 rumah. Yang ditempati nanti hanya 21 KK sesuai dengan arahan kementerian karena hubungannya kemarin dengan refocusing,” ucapnya.

“Jadi 21 KK dari Wajo semua dari Paselloreng, itulah ditempatkan disana. Kalau berbicara anggaran dari awal itu untuk Wajo 40 KK tapi karena adanya refocusing tinggal 21 KK, itu pun daerah setempat, tidak ada penduduk dari luar daerah,” sambungnya.

Setelah melakukan kunjungan di lokasi tersebut, Syam mengatakan untuk waktu penempatan dimungkinkan akhir bulan ini atau awal bulan karena masih menunggu tahapan dan prosedur Surat Perintah Penempatan (SPP).

“Jadi kalau tidak ada halangan setelah ini mungkin minggu depan dibuat berita acara dalam rangka peninjauan lokasi kemarin. Berita acara dilanjutkan ke Pak Plt Gubernur, setelah itu kirim lagi ke pusat di kementerian, nanti kementerian keluarkan Surat Perintah Penempatan (SPP),” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan di tahun ini, kawasan transmigrasi di Sulsel ada 2, yakni lokasi Bekkae yang ada di Kabupaten Wajo dan lokasi Mahalona di Luwu Timur.

“Untuk penempatan Sulawesi Selatan cuman 2 selama tahun ini, cuman di Wajo, Bekkae sama di Luwu Timur, Mahalona cuman kalau di Mahalona belum terlaksana karena masih menunggu surat dari kabupeten, kalau sudah ada provinsi tindak lanjuti,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Tim Siap Terima Penempatan (STP) lokasi Bekkae Sp2 Kabupaten Wajo Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan 2021 sebagai berikut.

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani sebagai pengarah, Plt Kepala Disnakertrans Sulsel, Tautoto sebagai Penanggung Jawab, Kabid Ketransmigrasian Sulsel, Skamrah Syam sebagai Ketua.

Kemudian Biro Hukum Setda Sulsel, A Muhammad Hatta sebagai Sekretaris, Kepala Seksi Pembangunan Permukiman Kawasan Transmigrasi, Ismail Azis, Analisa Penataan Kawasan, Nurlaela dan A Tahfoen Reza sebagai anggota

Selanjutnya, Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat, Asni Zainal sebagai anggota, Kabid PKP2 Trans Disnakertrans Wajo, Nuridin sebagai anggota, Dinas Pendidikan Wajo, Renreng sebagai anggota, Dinas Kesehatan Wajo, Yusminardi sebagai anggota.

Laporan: (Fdl)