Tiga Pelajar SMP di Kab. Sidrap Sulsel Terpaksa Berurusan Dengan Hukum Karena Mempermainkan Shalat

56

GERBANGTIMURNEWS

SIDRAP – Tiga pelajar SMP di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), terpaksa berurusan dengan hukum. Ketiga remaja diamankan polisi karena mempermainkan salat jenazah. Aksi ketiga anak ini, sempat direkam video dan viral di media sosial.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Benny Pornika mengatakan ketiga pemeran video salat jenazah yang diamankan ini, masing-masing inisial AC, 15 tahun, JU, 17 tahun dan MA, 15 tahun. Ketiga pelajar SMP ini diamankan di rumahnya masing-masing, pada Kamis 26 September 2020, sekitar pukul 22.00 WITA.

Mereka mengaku, jika hanya bercanda dan jadikan hiburan. Tapi, dia tidak menyangka jika video ini akan viral.

“Setelah video mereka viral, kami langsung bergerak melakukan penyelidikan. Pada hari itu juga, mereka langsung diamankan,” kata Benny Pornika, Sabtu 28 November 2020.

Dalam video yang diterima, memperlihatkan dua orang anak lelaki sedang melaksanakan salat jenazah di dalam masjid. Di hadapanya, terdapat jenazah yang ditutupi dengan selembar kain.

Adapun lelaki yang berdiri paling depan atau imam, menggunakan mukena, sedangkan lelaki yang bediri dibelakang atau makmum, menggunakan sajadah sebagai pengganti sarung.

Saat sedang salat, lelaki yang bertindak sebagai imam melafalkan surah al-fatihah, namun tiba-tiba tertawa. Dan disusul lelaki yang bertindak sebagai makmum.

Ketika mendengar temannya tertawa, orang yang bertindak sebagai jenazah terbangun dan juga ikut tertawa. Kemudian mereka pergi dan berlari keluar masjid.

“Video dibuat di Musala Tarekat Khalwatiah di Lengko Bale, Sidrap. Mereka mengaku, jika hanya bercanda dan jadikan hiburan. Tapi, dia tidak menyangka jika video ini akan viral,” jelasnya.

Atas perbuatannya, ketiga anak remaja ini kini diamankan di Mapolres Sidrap untuk dilakukan pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut.

Gertim News