Staf Pegawai Unhas Ini, Bersama Kerabatnya Dirikan Organisasi Persaudaraan “Monta’ Bassi”

104

MAKASSAR,gerbangtimurnews.com,- Dialah Nasrul Dg Tompo, seorang staf pegawai di Universitas Hasanuddin bersama sejumlah kerabatnya mendirikan organisasi Persaudaraan Monta’ Bassi Sulawesi Selatan sejak tahun lalu.

Pak Nasrun tinggal di permukiman yang berada di samping Ramsis Unhas Tamalanrea.

Setelah organisasinya resmi didirikan, Pak Nasrun diamanahkan sebagai Sekertaris untuk mengurus berbagai keperluan organisasi.

“Organisasi Persaudaraan Monta’ Bassi sudah resmi didirikan sejak tahun lalu,” ujar Pak Nasrun.

Pak Nasrun menjelaskan organisasi persaudaraan Monta’ Bassi ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi persaudaraan antara sesama pecinta koleksi batu alam lokal khusus jenis Batu Monta’ Bassi yang memiliki banyak kegunaan.

Batu jenis Monta’ bassi ini, Pak Nasrun menjelaskan hanya ditemukan di daerah Maros, Gowa dan Kabupaten Takalar.

“Kita mencari batu Monta’ bassi, biasanya agak sulit, tapi hanya kami dapat di daerah daerah tertentu,”ujarnya.

Beberapa kegiatan selama ini sudah dilakukan, kata Pak Nasrun, diantaranya kegiatan bantuan bencana alam , bantuan kepada warga kurang mampu di beberapa kecamatan di Makassar.

“Kegiatan rutin kami selama ini, umumnya kegiatan sosial, memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan atau yang tertimpa bencana alam,” kata Pak Nasrun.

Terkait batu Monta’ bassi, Pak Nasrun menjelaskan batu alam teesebut memiliki sifat hampir sam dengan batu akik, namun yang membedakan secara fisik, batu jenis minta’ bassi ini berwarna hitam kecoklatan dan keras seperti besi.

Sejauh ini, batu jenis minta’ bassi dibuat menjadi assesoris seperti kalung, gelang, tasbih dan lainnya.(ndra)..