Sentra Kreasi Atensi Mengusung Nursery Garden Sebagai Salah Satu Layanan Unggulan Balai Gau Mabaji

8

GERBANGTIMURNEWS.COM – GOWA: Kementerian Sosial melalui Balai Gau Mabaji melaksanakan kegiatan berkebun melalui program Nursery Garden pada layanan rehabilitasi lanjut usia (Lansia), Jumat 13/08/21.

Usia senja sangat rentang dihinggapi rasa kesepian dan kejenuhan apalagi kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan lanjut usia sebagai kelompok rentang Menghindari kerumunan dan lebih sering berada di rumah. Berkebun menjadi salah satu pilihan kegiatan oleh lanjut usia yang memiliki banyak manfaat.

Diantara manfaat berkebun adalah sebagai aktivitas fisik yang melatih kekuatan otot tangan dan persendian, melatih fungsi otak, kesehatan mental dan dalam beberapa penelitian membantu untuk menghilangkan kejenuhan dan mencegah lanjut usia dari dimensia.

Program layanan rehabilitasi Nursery Garden Balai Gau Mabaji meliputi pembibitan dan pemeliharaan anggrek bulan dan bunga seruni atau krisan yang merupakan salah satu komoditas utama bernilai jual tinggi. “Anggrek bulan dan Bunga seruni atau Krisan ini nantinya tidak hanya dirawat dan terus dibudidayakan dayakan melainkan kita harapkan ke depannya bunga krisan dapat menjadi hiasan untuk beberapa barang keterampilan yang memiliki nilai jual” Ungkap Wahidin Kepala Balai Gau Mabaji di Gowa.

Tidak hanya budi daya Bunga Anggrek dan Krisan, Nursery Garden juga meliputi kegiatan berkebun hidroponik dan tanaman obat-obatan. “Kegiatan ini menyenangkan, setiap hari sudah ada jadwal untuk pemberian nutrisi dan menyiram tanaman jadi ada kegiatan selain di asrama” Kata kakek Abdullah yang sering disapa pakde.

Keindahan dari bunga anggrek bulan dan Krisan diharapkan tidak hanya menjadi bagian dari terapi kegiatan rehabilitasi lanjut usia yang bernilai jual tetapi dapat menjadi salah satu daya tarik wisata untuk para pengunjung. “Kedepannya, keluarga boleh mengajak lanjut usianya berkunjung ke Balai untuk sekedar melihat dan berfoto di taman anggrek dan juga membeli karena banyak lanjut usia yang senang dengan kedua bunga ini” Kata Cipto pengelolaan Sentra kreasi ATENSI

Pekerja Sosial Indar mengatakan Nursery Garden sebagai program layanan Sentra Kreasi ATENSI Balai Gau Mabaji tidak hanya menjadi salah satu terapi rehabilitasi melainkan mampu menstimulasi produktivitas di usia lanjut untuk meningkatkan kualitas hidup lanjut usia.

Laporan: Humas Balai Gau Mabaji di Gowa