POLHUT KPH Mamasa Berhasil Amankan Kayu Yang Diduga Tidak Memiliki Dokumen Polsek Sumarorong Akan Limpahkan Ke Polres Mamasa.

529

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAMASA: Pada Hari Selasa Sekitar pukul 16:00 WITA (21/09/21) , Polisi Kehutanan (Polhut) Kesatuan Pengelolah Hutan (KPH) Mamasa Tengah Berhasil Mengamankan Puluhan Batang Kayu berupa Kusen dan Papan. Pemilik Kayu berinisial “O” setelah dipergoki oleh Polhut Tidak dapat menunjukan Dokumen/Surat kayu yang di Maksud.

Barang bukti yang di amankan di wilayah Sumarorong oleh pihak polisi hutang Mamasa (POLHUT)

Hal tersebut diungkapkan Kepala KPH Mamasa Tengah Sulawesi Barat Nugroho Santoso, S.Hut.T, M.Si saat dihubungi Via Telepon Genggamnya. Santoso menjelaskan, saat itu polhut melihat langsung Mobil Picup melintas disekitar kota Sumarorong dengan Membawa sejumlah kayu . Mobil Picup tersebut di kejar oleh Polhut dan benar,Picup tersebut memuat Kayu tanpa Dokumen,”katanya

“Kayu tersebut di bongkar di rumah salah satu pengusaha Meubel di Sumarorong bernama TMR (inisial). Polhut Menemukan Kayu di Rumah Pengusaha Meubel tersebut dalam Kondisi sudah diturunkan dari mobil Picup yang dimaksud. Untuk Proses Lebih Lanjut karena pihak Kehutanan Mamasa Tengah Menyerahkan Prosesnya Ke Pihak Kepolisian Polsek Sumarorong.

Nugroho juga Berpesan agar Masyarakat berhati hati terhadap Hal Seperti ini. Sebab kami (Kehutanan) benar benar tidak mentolerir siapapun yang mencoba menabrak aturan yang ada. Apapun Alasannya, Kayu yang beradal dari Hutan itu wajib memiliki Dokumen,”tegas Nugroho.

Ditempat Terpisah, Kapolsek Sumarorong IPTU.Najamuddin kepada Wartawan Membenarkan bahwa Pihaknya (Polsek Sumarorong) sedang memproses Dua orang yang diduga terlibat dalam praktik Ileggal logging tersebut. Kedua orang yang di proses yakni Lelaki Inisial “O” selaku Pemilik Kayu, dan Lelaki Inisial TMR selaku Pembeli Kayu Tanpa Dokumen lengkap,”ucap Najamuddin

“Adapun Barang bukti yang di amankan pihak kepolisian berupa Puluhan Lembar Papan dan puluhan batang Kusen. Barang Bukti untuk sementara diamankan di Halaman Kantor KPH Mamasa Tengah Sambil Menunggu Proses selanjutnya. Kapolsek Menambahkan, kedua orang yang sudah dimintai keterangan masih sebatas saksi. Nanti akan kita perdalam penanganannya.

Najamuddin menambahkan, Pihak Kepolisian Polsek Sumarorong melakukan penanganan Terhadap Penangkapan Kayu tersebut karena Pihak Kehutanan Menyerahkan langsung prosesnya kepada kami (Polisi),”ujarnya

“Dan Selanjutnya prosesnya Akan Kami Lanjutkan Ke Polres Mamasa. Selaku Kapolsek Sumarorong IPTU Najamuddin menghimbau Warganya agar tetap mamatuhi aturan yang ada. Jika Profesinya selaku Pengusaha Kayu,silahkan lengkapi Izin dan dikumen yang di butuhkan sesuai aturan yang berlaku.

Begitu pula kepada warga yang berprofesi sebagai pengusaha Meubel dan sejenisnya,sejatinya Mereka wajib mengantongi izin usaha sesuai usaha mereka masing masing. Sekali lagi, masalah ini akan kami lanjutkan ke Polres Mamasa. Kami sudah Laporkan ke Kasatreskrim Polres Mamasa atas kejadian ini,”tutup Najamuddin.

Laporan: Andi Waris Tala’/Andi Rusli