Perketat Protokol Kesehatan, UPRI Makassar Melaksanakan Wisuda Luring (Offline)

180

GERBANGTIMURNEWS

Makassar – Pada hari Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 09:00 Wita di Phinisi Ballroom Hotel Claro Makassar. Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makasaar, Yayasan Perguruan Tinggi Karya Dharma (YPTKD) Makassar melaksanakan prosesi wisuda sarjana secara Luring (offline).

Meski dilaksanakan ditengah pandemi covid 19 namun prosesi wisuda dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat yaitu dengan 3M (Menjaga jarak, Mencuci tangan sebelum masuk ruangan, Menggunakan masker).

Selain penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, beberapa aturan khusus yang harus dipatuhi, seperti jumlah pendamping wisudawan hanya 1 orang saja, keluarga pengantar wisudawan hanya sampai pada parkiran, dilarang berkerumun, mekanisme wisudah berubah dan durasi wisudah dipersingkat.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya wisudawan dipindahkan jambul toganya satu-persatu oleh Rektor, kali ini berbeda mengingat masih dalam pandemi covid 19. Pemindahan jambul toga melalui perwakilan satu wisudawan per Fakultas yang diwakilkan oleh wisudawan terbaik Fakultas masing-masing yang naik di atas panggung untuk dipindahkan jambul toganya oleh Rektor dan diikuti oleh semua pendamping dari wisudawan sebagai simbol wisudawan telah dikukuhkan.

Rektor UPRI Makassar (Dr. H. Abdul Azis DP, SH, MH) dalam laporannya menyampaikan UPRI Makassar membina 5 Fakultas (FKIP, Fatek, Fisip, FEB dan FKM) dengan jumlah mahasiswa Tahun Akademik 2020-2021 sebenyak 3397 (data Dikti), Dosen 126 terdiri dari 41 dosen DPK, 85 Dosen yayasan, 63 karyawan.

Dimasa pandemi covid 19 terdapat 2 dosen menyelesaikan S3, sehingga jumlah dosen S3 sebanyak 34 dosen, 1 dosen yang lulus di perguruan tinggi Jepang, 1 dosen yang memperoleh Guru besar. Adapun jumlah wisuda kali ini sebanyak 452 wisudawan terdiri dari 5 Fakultas. Selain itu UPRI membuka kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Dan Dimasa pandemi covid 19 ini kurang lebih 400 mahasiswa mendapatkan beasiswa UKT dari pemerintah, beasiswa Bidikmisi, dan bantuan sarana dan prasarana dari Bank Indonesia. Yayasan YPTKD juga memberikan kesempatan bagi generasi muda fakir miskin dan kaum duafa untuk kuliah gratis.

Pada wisuda UPRI Makassar kali ini dihadiri oleh koordinator L2Dikti wilayah IX Sulawesi (Prof. Dr. Jasruddin, M.Si) dan juga membawakan sambutan pada acara wisuda tersebut. Dalam sambutannya Prof. Jasruddin, menyampaikan bahwa UPRI Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi yang dapat diperhitungkan dan mampu sejajar dengan perguruan tinggi lainnya.

Pada kesempatan ini pula Prof. Jasruddin juga menyampaikan apresiasinya terhadap orang tua wisudawan yang merupakan pahlawan pendidikan yang mampu berjuang menyelesaikan studi anaknya dalam kondisi pandemi covid 19. Selain itu Prof.Jasruddin, juga memberi pesan kepada wisudawan agar menggantungkan cita-citanya setinggi langit, dan bermimpi seringgi-tingginya untuk meraih cita-cita.

Tidak hanya memberi pesan kepada wisudawan tapi Prof. Jasruddin juga memberi pesan kepada orang tua wisudawan agar merubah pola pikir dalam mewujudkan cita-cita dan impian anaknya (wisudawan) dengan mendoakan dan mendorong anaknya untuk mencari lapangan kerja yang sesuai dengan kompotensi dan jenjang pendidikan anaknya dimana saja.

Penulis : Rudi kardi (Lutfy) 

Editor : Dhani Naba

Gertim News