Pengelolaan Usaha Penerima Program RPN di Kabupaten Kuningan Dalam Rangka Meningkatkan Kemandirian Dan Pendapatan Ekonomi Keluarga Kenyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara

117

Gerbangtimurnews, Kuningan Jawa Barat – Tahun 2019 Kabupaten Kuningan telah dilaksanakan program Regional Potential Network (RPN) di daerah, dengan tahapan Pemetaan dan analisis untuk pengembangan model layanan, Kegiatan sosialisasi RPN, BimbinganTeknis Pendamping RPN, Realisasi bantuan dan pengelolaan usaha, Pelaksanaan Pendampingan, Pengendalian.

Penerima program RPN di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat sebanyak 60 orang penyandang disabilita ssensorik rungu wicara, telah memanfaatkan bantuan dari BRSPDSRW Melati dengan berbagai jenis usaha meliputi : Peternakan (Kambing, Lele, Ayam), warungan (sembako, gorengan, minuman), Menjahit, jual tabung gas elpizi 3 Kg., Pangkas Rambut, jualan pulsa/conter HP, kerajinan tangan bahan bambu.

Dari 60 orang penerima manfaat, sampai dengan BulanJuli 2020 telah diidentifikasi bahwa sebanyak 16 orang yang pengelolaan usahanya masih jalan, yaitu :

Manfaat yang dirasakan oleh penerimamanfaat dan keluarganya, meliputi :

  1. Menjadi sumber matapencaharian Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, dan menjadi usaha keluarga yang dapat menambah ekonomi keluarga.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri dan semangat penerimamanfaat dengan adanya usaha yang dikelola,yang bersangkutan merasa dirinya bermanfaat di keluarga.
  3. Adanya rasa syukur keluarga, terhadap anaknya yang memliki kekurangan, tapi pemerintah memberikan perhatian dan kepedulian, melalui modal usaha yang sangat bermanfaat.
  4. Minat mengembangkan usaha, mengingat dengan alokasi bantuan sebelumnya, ada penambahan pendapatan, akan tetapi hanya cukup untuk menambah kebutuhan hidup sehari-hari, belum mampu untuk diarahkan pada penambahan modal, aset dan sarana penunjang usaha.
  5. Menggugah kepedulian dan perhatian aparat pemeritahan desa setempat, masyarakat dan lingkungan, untuk mendorong dan memfasilitasi pengelolaan usaha penyandang disabilitas sensori krungu wicara tetap jalan usahanya, bahkan diharapkan dapat maju danber kembang.

Melihat keberhasilan pengelolaan usaha penerima manfaat program RPN BRSPDSRW MELATI Jakarta, masih banyak penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, yang mengharapkan mendapat alokasi bantuan untuk usaha sebagaimana saudara-saudaran yasesama Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara yang telah mendapatkan bantuan modal usaha, dengan harapan dapat mengisi waktu lebih produktif, dan yang utama menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat sekitar dengan adany ausaha yang dikelola oleh penyandang disabilitas sensorik rungu wicara.

“Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya dari keluarga dan penerima manfaat Program Regional Potential Network (RPN) di kabupaten Kuningan kepada BRSPDRWMelati Jakarta”, diucapkan Kepala Dinas Sosial Kab. Kuningan, Drs. Dudy Budiana, M.Si

Ditegaskan Kadis Sosial, Kegiatan RPN tersebut  memberikan pemahaman kepada kami di daerah tentang dampingan dan jejaring Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara.

Selanjutnya, dalam upaya menumbuhkan usaha ekonomi produktif, pada APBD Kab. Kuningan Tahun 2020 dialokasikan Bantuan UEP Penyandang Disabilitas untuk Disabilitas Tubuh, Rungu Wicara, Netra. Meskipun dalam jumlah terbatas/kecil, dibandingkan dengan minat wira usaha penyandang disabilitas yang ada di Kab. Kuningan”, ujar Kadis Sosial Kab. Kuningan.

*Korwil Jawa Barat ( Erhan Hedianto )