PENDISTRIBUSIAN PAKET SEMBAKO BAGI LANJUT USIA YANG TERDAMPAK COVID-19 DI KAB. KUNINGAN JAWA BARAT

122
Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN)

Gerbangtimurnews, Kuningan Jawa BaratHari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan hari penting sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap warga lanjut usia di Indonesia, yang diperingati setiap 29 Mei. Namun, di tengah wabah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kini, kesejahteraan warga lanjut usia (lansia) kini perlu mendapatkan perhatian khusus dan mendalam dari segi psikis, ekonomi, maupun kesehatan, dikarenakan lanjut usia lebih rentan terpapar virus korona selama pandemi covid-19 jika dibandingkan dengan kelompok usia lain karena daya tubuh mereka telah menurun.

Pemberian Paket Simbolis Kepada Salah Satu Lansia

Momen peringatan HLUN kali ini terasa sangat berbeda dengan peringatan di tahun-tahun sebelumnya disebabkan adanya pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Rangkaian kegiatan HLUN ke-24 dilaksanakan secara berkelanjutan, terhitung sejak 29 mei 2020 hingga 29 mei 2021 dengan tema Negara Hadir untuk Lanjut Usia merupakan salah satu bentuk penghargaan dan pengorbanan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan bagi keluarga, masyarakat dan negara.

Foto Bersma Pendamping Lansia dan Crew gerbangtimurnews.com

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial telah memberikan perhatian khusus kepada warga lansia melalui bantuan-bantuan sosial yang disalurkan. Bantuan sosial untuk meringankan beban warga lanjut usia di masa pandemi covid-19 ini di antaranya makanan siap saji, bantuan paket sembako, paket sembako Presiden, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Refocusing Internal, dan Bantuan Reguler (PROGRESLU).

Foto Bersama Pengrus LKSLU dan Para Pendaping Lansia

LKS LU Nurul Yaqin Kab. Kuningan salah satu LKS LU yang mendapatkan amanah untuk pendistribusian Paket Sembako Bagi Lanjut Usia sebanyak 50 Paket yang tersebar di beberapa desa binaan seperti Desa Bojong, Desa Padamatang, Desa Kadugede, Desa Lengkong dan Desa Darma. Pendistribusian secara simbolis dilaksanakan di Desa Padamatang Kec. Pasawahan melibatkan 20 lanjut usia. Dalam pendistribusian tersebut dihadiri oleh Ketua LKKS Kab. Kuningan Hj. Ika Acep Purnama sebagai mitra strategis di Kab. Kuningan.

Baca Juga : Terkait Kegiatan Belajar Online/Darling, Sekiranya Bisa di Buka Bembali Demi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

“semoga bantuan Paket Sembako bagi Lanjut Usia dalam Situasi Covid-19 dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos melalui LKS LU Nurul Yaqin ini bisa bermanfaat buat para lansia di Desa Padamatang”, dikatakan AI Siti Robiah, S.Pd., S.Sos, selaku Ketua LKS LU Nurul Yaqin.

Baca Juga : Giat Patroli Malam Hari Ranger Polsek Pedes

Ketua LKKS Kab. Kuningan dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih dan menghimbau kepada lansia penerima paket sembako supaya menjaga kesehatan sehingga tidak terdampak covid-19. Dan menurutkan ”ini adalah bentuk nyata kemitraan antara LKS LU dengan LKKS Kab. Kuningan yang sinergis dan berkelanjutan untuk bersama-sama dalam penanganan lanjut usia di Kab. Kuningan”. Lanjut Hj. Ika Acep Purnama.

*IIM IMBANG ( Korwil Jawa Barat )