Pemerintah Mamasa Tindak Lanjuti Surat Edaran Satgas Covid 19 Untuk Menjaga Keamanan Warga Setempat.

259

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAMASA- Pemerintah Mamasa Menindak Lanjuti Surat Edaran Satgas Covid-19 No.3603/SATGAS-MMS/VI/2021. tertanggal 30 Juni 2021 tentang Pelaksanaan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Di Kabupaten Mamasa, Jumat 02 Juli 2021.

Pihak Polsek sumarorong lakukan pemasangan sticker ke rumah warga positif covid 19

 

Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda,S.IP menyambangi wilayah kecamatan sumarorong Untuk mensosialisasikan Surat Edaran Bupati Mamasa Selaku Ketua Satgas Covid 19 Sekaligus Menyerahkan bantuan Kepada 9 Orang di Kecamatan Sumarorong yang Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Dan Wakil Bupati Selaku Ketua III Satgas Penanganan Covid 19 di Kabupaten Mamasa dan Didampingi oleh beberapa pejabat lainya yakni, Kajari Mamasa, Asisten I Bidang Pemerintahan, Dan Sejumlah Kadis Serta Kabag Lingkup Pemkab Mamasa.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Marthinus Tiranda menyampaikan beberapa Poin Penting Dalam Upayah Memutus Matarantai Penyebaran Virus Covid 19 Di Wilayah Kabupaten Mamasa.

Marthinus Tiranda menyampaikan bahwa Sanksi Pelanggaran Protokoler Kesehatan Yang Sudah Diatur dalam Undang-Undang masalah karantina Kesehatan benar-Benar Di Terapkan,”kata Marthinus

“Hal Tersebut tidak bermaksud kami Menakut-Nakuti Masyarakat, Namun Sanksi Yang Cukup Tegas Dan Jelas didalam Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Merupakan Hal Yang Wajib Di Patuhi. Setiap Aturan Yang Di Buat Oleh Pemerintah

Dan Bertujuan Untuk Melindungi Seluruh Warga Negara Termasuk Melindungi Warga Negara Dari Serangan Virus Covid-19 Yang Kian Hari Kian Bertambah. Khususnya Di Kabupaten Mamasa,”ujarnya

“Untuk saat ini warga Kabupaten Mamasa Yang Terkonfirmasi Positif Virus Covid-19 sebanyak 77 Orang yang Tersebar Di beberapa Kecamatan.

Lanjut Martinus Tiranda, Untuk Mempercepat Proses Pemutusan Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19 Maka Masyarakat Wajib Mengikuti program Pemerintah Seperti ikut dalam Vaksinasi covid 19 Dan Lain-Lain.

“Saya Mengharapkan Agar Seluruh ASN Dapat Menjadi Contoh Dalam Mensukseskan Program Vaksinasi Dengan Cara Wajib Menempatkan Diri Dibarisan Depan Sebagai Penyambung Lidah Pemerintah Kepada Masyarakat Secara Umum.ucap wakil bupati

Selain ASN Para Kepala Desa/Lurah juga Harus Proaktif Memberi Penjelasan Kepada Masyarakat Tentang Pentingnya Vaksin Terhadap tubuh kita dan di Tengah Pandemi Covid ini untuk Itu, Pemerintah Kabupaten Mamasa Berupaya Membangun Komunikasi Dengan Pemerintah Pusat Dan Provinsi Agar Distribusi Vaksin Di lancarkan sesuai Jumlah Sasaran Yang Telah terdata Dari Masing-Masing Puskesmas Di Wilayah Kabupaten Mamasa.

“Bagi Masyarakat Yang Tidak Bersedia Di Vaksin (menolak) apabila Di Kemudian Hari ada sesuatu yang terjadi maka kami pihak pemerintah akan langsung bertindak sesuai aturan pemerintah,”ucapnya

Dan bagi yang sudah ikut vaksin covid 19 nanti akan mendapat sertifikat Faksin Dari Kementerian Kesehatan RI dan Akan Menjadi Kelengkapan Berkas Jika Suatu Saat mereka mau Mengurus Sesuatu Seperti KTP, KK dan Lain-Lain akan di mudahkan.

“Kecuali Masyarakat Yang Memang Memiliki Riwayat Penyakit yang Tidak Mungkin Untuk Di Vaksin, Ya….Itu Kita Maklumi,”ucap Marthinus Tiranda

Di tempat terpisah kepala kejaksaan Mamasa Herianto Paundanan.SH.MH menyampaikan bahwa Aturan Protokol Kesehatan Wajib Hukumnya Di Taati Sebagai Wujud Kecintaan Kepada Diri Sendiri, dan Keluarga.

“Bagi Masyarakat Yang Tidak mengindahkan Aturan Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19 ini, Maka Dengan Tegas Satgas Covid 19 Mamasa Akan Melakukan Upayah Hukum Yang Lebih Tegas. Jelas Herianto.

Satgas Covid-19 Di Masing-Masing Kecamatan Khususnya Kecamatan Sumarorong, Agar Aktif Memantau Kegiatan Warganya Yang Melaksanakan Kegiatan Seperti Hajatan (Syukuran) Maupun Pesta-Pesta Kematian.

“Semua Jenis Kegiatan Warga Yang Memgumpulkan Banyak Orang Agar Tetap Di Pantau. ingat, Virus Corona Khusunya Virus Varian Baru ini Sangat Berbahaya Dan penyebarannya begitu Cepat, Sehingga Kita Semua Wajib Menjaga Diri Dan Menjaga Keluarga Dari Serangan Virus Yang Mematikan ini,”kata Herianto

Seperti apa yang di sampaikan oleh Wakil Bupati Mamasa Selaku Wakil Ketua III Satgas Covid-19 yang Didampingi Segenap Rombongan, sekaligus Menyerahkan Bantuan Berupa Sembako Dan Sejumlah Uang Kepada 9 Warga yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kecamatan Sumarorong.

“Penyerahan bantuan tersebut diterima Langsung Oleh Camat Sumarorong Armianto. Pemberian Bantuan Berupa Sembako Dan Uang Tunai Sebesar 500 Ribu/Orang.

Dengan adanya bantuan tersebut Setidaknya Dapat Meringankan Beban Pasien Covid 19 Yang Tidak Bisa Menjalankan Aktivitas Karena Mereka sedang Menjalani Masa Isolasi/Karantina Mandiri Dirumah Masing Masing. Semoga Bantuan Alakadarnya Dari Satgas Covid 19 Mamasa ini bisa Bermanfaat Untuk Sesama.

Terpisah dengan Kapolsek Sumarorong IPTU Hendrik Bersama, Anggota Koramil Sumarorong juga Melaksanakan giat Percepatan Pemutusan Matarantai Covid-19. Untuk Mengetahui Warga Yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Untuk mengetahui warga yang terkonfirmasi positif virus Kapolsek Sumarorong Memasang Sticker Di Rumah Pasien Covid yang Tengah Menjalani Proses Karantina Mandiri,”tutup Hendrik

Laporan: Andi Rusli