Pemerintah Mamasa Lakukan Program Layanan Informasi Mamasa Masiang Yang Di Singkat Lain Mama

101

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAMASA- Layanan Informasi Mamasa Masiang yang disingkat (Lain Mama) merupakan program Pemkab Mamasa yang benar-benar menyentuh dan disambut antusias masyarakat di Beberpa desa di kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Jumat 2 Juli 2021

program Lain Mama ini akan
menyisir di desa-desa yang belum mendapat layanan penerangan listrik (lampu) sesuai dari Pantauan awak Media di lapangan di tahun 2021 ini hanya ada kurang lebih 9 desa yang menjadi sasaran program “Lain Mama”

Suriani.T Dellumaja,SP.MM selaku Kepala Bagian pembangunan dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Mamasa mengatakan bahwa, pihaknya tetap konsisten mendampingi Program tersebut dengan cara menyelesaikan target yang telah di rencanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mamasa,”ujarnya

“Pemrintah Pimpinan ( Bupati) mamasa
wajib hukumnya dilaksanakan berdasarkan usulan dari masing-masing desa.

program Mamasa Masiang (Mamasa Terang) Menfasilitasi Proses
Pembangunan Jaringan Listrik mulai dari PLN,PLTS,PLTM. Layanan Pemasangan
Jaringan LIstrik tergantung dari Permintaan Dan Usulan Para Kepala
Desa dengan menyesuaikan Kondisi akses jalan menuju ke desa yang
dimaksud,” kata Suriani.

“Suriani menambahkan, layanan pemasangan Tiang Listrik yang sedang
berlangsung saat ini di Kecamatan sumarorong dan beberapa desa seperti Desa Sasakan, Salubalo dan Batanguru

Kemudian lanjut Di Kecamatan Mambi ada 4 Desa, dan Kecamatan Rantebulahan Timur ada 1 desa, lanjut Kecamatan Tabulahan ada satu desa, serta di Kecamatan Tawalian kelurahan Tawalia. Untuk mewujudkan Program Mamasa Masinag (mamasa terang)

“Bagian Pembangunan dan Sumber daya alam (SDA) Pemkab Mamasa mencanangkan sistem Rencana Pembangunan Jangka Pendek
(RPJP) Dan Rencana,Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) serta Rencana
Pembangunan Jangka Panjang (RPJP),”ujar suriani

untuk rencana pembngunan jangka
pendek di Programkan 10 desa harus terang, Jangka Menengah 50 desa
Harus Terang,serta Pembangunan Jangka Panjang 181 Desa harus terang.
Untuk mencapai Target yang telah di programkan,Bagian Pembangunan dan
SDA Pemkab Mamasa konsiten membangun kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta pihak pihak terkait yang Ber.kompoten,”Jelas Suriani.

“Soal Pemasangan Tiang Jaringan Listrik, Jumat kemarin saya bersama staf dan juga Kabag Pembangunan Dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Mamasa, turun ke Lapangan Memantau Langsung Proses Pemasangan Tiang Listrik Di Kecamatan Sumarorong Desa Sasakan Dusun Salulombe.

Dari hasil Pantauan kami Di Lapangan, Pemasangan Tiang Listrik di Desa Sasakan nampak Hampir Rampung. Jika Pemasangan Tiang Dinyatakan Rampung,Akan Dilanjutkan dengan pemasangan Kabel dan Berakhir Pada Pemasangan Meteran Dan instalasi Di Rumah Rumah penduduk. Untuk itu, Kabag Pembangunan Dan SDA Pemkab Mamasa Mengharapkan Agar Para Kepala Desa Proaktif melakukan Pendataan kepada Warga Yang Benar Benar tidak Mampu, agar Pemasangan Meteran Dan Instalasi Di Rumah Rumah penduduk Benar Benar Tepat Sasaran. Sebab Kata Suriani,proses Pemasangan Meteran Dan Instalasi Bagi Warga Kurang mampu akan di Subsidi Oleh Pemerintah dengan Cara,Warga Kurang Mampu Membayar Setengah Dari Harga Pemasangan,Selebihnya Di Tanggung Oleh Pemerintah.

“Selain itu,Suriani Juga Berharap Para Kepala Desa Intens Komunikasi Dengan Bagian Pembangunan Dan SDA dalam Hal Pengusulan Program Layanan Informasi Mamasa Masiang (LainMama). Komunikasi Dapat Di Lakukan Langsung Melalui Grup WatsApp (WA) Kepala Desa Dan Pembangunan/SDA,”tutup Suriani

Laporan: Andi Rusli