PEMBERDAYAAN DAN PENGUATAN PENDAMPING DALAM KEGIATAN BANK SAMPAH LANSIA GALURA

96

Sabtu, 26 September 2020

Gerbangtimurnews.com,Ciamis Jawa Barat-LKS LU Galura Kab. Ciamis Jawa Barat dalam perkembangannya telah menjangkau sebanyak 6 Kecamatan Di Wilayah Kab. Ciamis dan terus bertambah jumlah pendamping di wilayah tersebut, data lansia binaan juga terus bertambah.

Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi pendampingan LKS LU Galura diperlukan pelatihan bagi para pendamping, sehubungan dengan hal itu LKS LU Galura secara berkala melaksanakan pelatihan bagi para pendamping untuk menambahkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan.

Pelatihan yang diselenggarakan LKS LU Galura diselenggarakan secara mandiri maupun bantuan dari sponsor/lembaga lainnya, Pelatihan yang dilaksanakan disesuaikan dengan kebutuhan pendamping dalammenjalankan pendampingan.

Tahapan pendamping dalam melaksanakan pendampingan sebagai berikut : Pendamping melakukankoordinasi dengan Pemerintahan setempat (RT, RW, Dusun/Lingkungan, Desa/Kelurahan) untuk melakukan pendataan awal lanjutusia, Orientasi dan penjajagan awal terhadap lanjut usia, Menentukan kelayakan lanjut usia yang akan didampingi, Pendataan anggota keluarga lanjut usia, lingkungan keluarga lanjut usia dan sumber pendukung di sekitar tempa ttinggal lansia, Menelaah permasalahan lanjut usia, Masalah keluarga, tempat tinggal, makan dan minum lanjut usia, riwayat kesehatan lanjut usia, Menetapkan prioritas lanjut usia yang akan didampingi, Menetapkan metode pendampingan yang disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan lanjut usia, Pelaksanaan pendampingan, Monitoring, dan Evaluasi.

Sebagai tindaklanjut dalam pelatihan pendamping, LKS LU Galura melaksanakan Kegiatan “Pemberdayaan Dan Penguatan Pendamping Dalam Kegiatan Bank Sampah Lansia Galura” yang bekerjasama dengan Komunitas RSBS Kab. Ciamis yang melibatkan 45 Pendamping pada Hari Sabtu, Tanggal 26 Desember 2020 bertempat di Aula Sukahaji Waterboom. Yang dihadiri oleh Plt. Kepala Bidang Balinsos Dinsos Kab. Ciamis Ace Hidayat, S.IP, Ketua LKS LU Ringkang Galuh Rancage Nana Sumriana, S.Pd, Ketua LKS LU Raudhatul JannahAgus Sunandar, dan Komunitas RSBS.

Dalam sambutannya Ace Hidayat, S.IP mengatakan, Atas nama Dinas Sosial Kab. Ciamis menyambut baik kerjasama Kemitraan antara LKS LU Galura dengan Komunitas RSBS apalagi tentang pengolahan sampah menjadi sebuah kreasi dan selaras dengan kegiatan lansia potensial di LKS LU dengan didampingi para pendamping.

Ketua LKS LU Galura Evie Widayanti dalam sambutannya menjelaskan, Pelatihan yang melibatkan jejaring baru kali ini dilaksanakan dengan harapan bisa membuka jejaring lain untuk memberikan bekal buat para pendamping dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan terhadap lansia terutama kegiatan yang selaras dengan Program Kementerian Sosial RI.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan 2 orang Narasumber yaitu Nur Salim Ridha, S.E Ketua RSBS (Rumah Sampah Berbasis Sekolah) dengan materi Pemberdayaan Dan Penguatan Pendamping Dalam Kegiatan Bank Sampah Lansia Galura, dalam pemaparannya menekankan peran keluarga dalam penanganan lansia dengan merubah kebiasaan tentang sampah selama ini, bahkan dari sampah bisa menjadi rupiah. Lansia potensial bisa mengembangkan diri dengan keterampilan dalam pembuatan Ecobreak dengan dampingan keluarga.

Sedangkan narasumber Erhan Herdiyanto Ketua LKS LU Wahana Insani Waluya yang sekaligus Sekjend DPP FK LKS LU dengan materi Penguatan Pendamping dan jejaring pada LKS LU, dalam pemaparannya menjelaskan tentang peran penting pendamping LKS LU dalam melaksanakan kegiatan menekankan berbasis keluarga sesuai dengan Program ATENSI yang diluncurkan oleh Dirjen Rehsos Kementerian Sosial RI dan membuka jejaring dengan berbagai komponen untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap lanjut usia.

Diakhir kegiatan secara simbolis Ketua RSBS memberikan beberapa contoh hasil karya dari sampah yang diberikan kepada Ketua LKS LU Galura, sebagai dasar memulai kerjsama Kemitraan.

*Korwil Jawa Barat (IIM IMBANG)