PEMBAGIAN PAKET SEMBAKO PADA LKS LU WAHANA INSANI WALUYA

208

Gerbangtimurnews, Kuningan Jawa Barat

Senin, 19 Agustus 2021

Peringatan HUT RI Ke-76 Rumah Yatim Lembaga Amil Zakat Nasional berbagi dengan kaum duafa di Kabupaten Kuningan melalui Dinas Sosial mendistribusikan kepada Lembaga Mitra Strategus seperti LKS LU, LKSA dan LKS Disabilitas dan langsung disalurkan kepada yang berhak yaitu PPKS. Secara simbolis dilaksanakan di Dinas Sosial Kab. Kuningan dan di Balai Desa Cimahi Kec. Cimahi yang dihadiri Tara Sugiarto dari Rumah Yatim Lembaga Amil Zakat Nasional, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kab. Kuningan Ence Hidayat Rohanda, A.Ks., M.Si, Camat Kecamatan Cimahi Drs. Syarifudinsyah, Kepala Desa Cimahi Wahidin, Ketua LKS LU Wahana Insani Waluya Erhan Herdiyanto, Para Pendamping Lanjut Usia dan TKSK Kec. Cimahi Warsendi.

LKS LU Wahana Insani Waluya menyalurkan Paket Sembako di 3 Desa sebanyak 40 Paket Sembako terdiri dari Desa Cimahi Kec. Cimahi sebanyak 13 Paket, Desa Cikahuripan Kec. Maleber sebanyak 17 Paket dan Desa Cihirup Kec. Ciawigebang sebanyak 10 Paket. Dalam sambutannya Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kab. Kuningan Ence Hidayat Rohanda, A.Ks., M.Si, “kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Yatim Lembaga Amil Zakat Nasional atas bantuan Paket Sembako dan berharap adanya kesinambungan program untuk kaum duafa di Kabupaten Kuningan”. Dan di apresiasi oleh Camat Kecamatan Cimahi Drs. Syarifudinsyah dalam sambutannya, “bahwa di wilayahnya untuk lansia banyak dinamikanya dan membutuhkan perhatian dari berbagai pihak”. Begitu pula Kepala Desa Cimahi Wahidin dalam sambutannya, “mengucapkan terima kasih atas bantuan paket sembako untuk warganya, semoga dapat bermanfaat apalagi dalam situasi pandemi saat ini”. Tara Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, “bahwa program yang dicanangkan oleh Rumah Yatim Lembaga Amil Zakat Nasional bekerja sama dengan Bank Jabar Banten untuk Lanjut Usia ini untuk pertama kalinya, saya mendapatkan banyak pengalaman tentang kelanjutusiaan dan akan menyampaikan kepada atasan untuk dapat ditindaklanjuti kegiatan program kedepan lanjut usia.

Setelah melihat kondisi lanjut usia secara langsung, Tara Sugiarto mengatakan, “perlunya penanganan lanjut usia secara berkesinambungan”, hal ini di iya kan oleh Ketua LKS LU Wahana Insani Waluya, “penanganan lanjut usia harus paripurna”. Sebagaimana Pendamping Lanjut Usia pada LKS LU Wahana Insani Waluya Lilis Lisnawati, “penanganan lanjut usia tidak sekali datang selesai, perlu pendampingan secara kontinue untuk mengetahui kondisi lanjut usia dari waktu ke waktu”. Pembagian paket sembako di Desa Cikahuripan kec. Maleber sangat menyentuh Anwar Fadilah yang juga Kepala Dusun Karangmaja,”terima kasih banyak atas bantuannya untuk warga kami, apalgi ada seorang lansia bernama Sardah dalam kesehariannya mengurusi cucunya yang baru duduk di bangku SMPN Kelas VII, untuk memenuhi kehidupan sehari-hari hanya mengandalkan kiriman 300Rb per bulan, dan kondisi rumah tidak layak huni, ini membutuhkan perhatian kita semua agar peduli terhadap lanjut usia tersebut”. Menurut Ahmad Rosadi Kepala Dusun Manis Desa Cihirup Kec. Ciawigebang, ‘ kepedulian terhadap lanjut usia memang sangat dibutuhkan apalagi kondisi sebatang kara, yang hanya menggantungkan hidupnya dari pemberian orang.