Nurdin Abdullah Lantik Pengurus AMHI Sulsel Periode 2021-2026

14

GERBANGTIMURNEWS

Makassar – Dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 yang ketat pelantikan Pengurus Daerah Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Sulsel Periode 2021-2026 dilantik oleh Wakil Ketua IPHI Dr. H. Abubakar Wasahua mewakili Ketua Umum Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah yang tidak dapat hadir langsung lantaran mengikuti vaksin pertama di hari yang sama selaku Gubernur Sulsel.

Pelantikan pengurus yang berjumlah sekitar 60 orang itu ditandai pengambilan sumpah dan penyerahan bendera pataka Kepada Ketua Umum AMHA Sulsel KH. Masykur Yusuf, di Hotel Horison Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (14/02/2021).

Di antara 60 pengurus yang dilantik sebahagian besar pemilik usaha travel haji dan umrah sedang lainnya dari kalangan profesional. Mereka terdiri atas KH Masykur Yusuf (Ketua Umum) didampingi tiga Wakil Ketua KH Muammar Bakri, H.Mulyadi Iskandar Idy, dan H. Muhammadong, Sekretaris H. Syamsuddin Noer didampingi tiga wakil masing-masing H. Saenong Tebba, H. Muammar Qhadafi, H. Misbahuddin, Bendahara dan wakil H. Mujahid Tamrin, Hj. Waode Fatmawati, dan H. Ahmad Yani Razak.

Kepengurusan tersebut dilengkapi tujuh koordinator bidang, masing-masing H. Jurlan Em Saho’as (Koordinator Bidang Humas dan Komunikasi Publik), H. Amiruddin Nasir (Koordinator Bidang Organisasi dan Kaderisasi), H.M. Taha Azis (Koordinator Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kesehatan), H. Ahmad Razak (Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan), H. Najib Tabhan Syam (Koordinator Bidang Ekonomi dan Wirausaha), H. Abdullah Sawedi (Koordinator Bidang Sosial, Budaya dan Seni), dan H. Syamsul Bahri (Koordinator Bidang Kerjasama dan Kemitraan.

Mengawali sambutannya, Ketua AMHI KH Masykur Yusuf mengurai visi dan misi pembentukan organisasi sayap IPHI. Menurut Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunah Wal Jamaah Universitas Islam Makassar bahwa AMHI memiliki tugas membina ummat Islam di daerah ini dalam mengamalkan ibadah haji.

“Yang akan dilakukan AMHI Sulsel yakni membina ummat Islam agat bisa naik haji dan yang telah berhaji dipertahankan ke mabrur-nya,” jelas Imam Masjid Al Markaz Makassar.

Acara pelantikan juga dihadiri Kabiro Kesra Suherman MM mewakili jabatan Gubernur Sulsel, Kakanwil Depag Sulsel diwakili H Rappe yang juga merupakan Sekwil IPHI Sulsel.

Dr. H. Abu Bakar Wasahua dalam sambutannya mewakili Ketua Umum IPHI mengatakan, bahwa secara nasional AMHI sudah terakui namun di tingkat wilayah belum merata pembentukannya.

“Karenanya AMHI Sulsel harus menjadi inspirasi bagi pembentukan AMHI di wilayah lain,” harap Abubakar.

Abubakar yang juga Ketua Parmusi Sulsel itu menitipkan tiga harapan bagi AMHI Sulsel, pertama agar membantu IPHI sebagai organisasi kebajikan independen yang memiliki kekuatan.

“Agar kuat dan tidak sakit-sakitan jurusnya dengan cara silaturahmi di antara kita, sehingga lahir pemikiran cerdas untuk tanggungjawab keummatan,” jelasnya.

AMHI Sulsel juga lanjutnya, harus memiliki pengurus yang memiliki integritas keummatan, moralitas dan kapabilitas yang unggul.

“Yang ketiga agar AMHI Sulsel melaksanaan program yang cerdas yang sesuai kebutuhan ummat dilandasi integritas,” tegasnya.

Senada dengan itu, Nurdin Abdullah juga berharap agar AMHI visioner terutama membantu pemprov mengatasi daftar tunggu haji di Sulsel.(H. Jurlan Em Saho’as)

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba