Monta Bassi Celebes Sulsel Lakukan Pengukuhan Di Warkop Al-Fathir Kota Makassar

35

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAKASSAR: Dalam rangka menjelang pengukuhan Monta Bassi Celebes sulawesi selatan yang bertempat di warkop Al-Fathir jln palman raja komplex permata hijau kecamatan rappocini kota makassar sebagai perkumpulan silaturahim sekaligus pelestari adat dan budaya, senin 28 Maret 2022.

Foto: suasana para pengurus monta bassi Celebes di warkop al-fathir

Ketua Monta Bassi Celebes Sulawesi Selatan RUSTAM mengungkapkan dalam rapat struktur organisasi demi kemajuan para pecinta monta bassi sekaligus mengajak bagi siapa saja yang untuk bergabung demi adat istiadat yang hampir puna khususnya di sulaewesi selatan.

“Monta Bassi Celebes selain sebagai perkumpulan sebagai pencipta adat dan budaya bahkan mengenal kembali para leluhur yang pernah dipake dalam memperjuangkan bangsa dan negara,” Ungkapnya.

Alimin Yasin Dg Lolo Sekretaris Monta Bassi Celebes Sulawesi Selatan menambahkan bahwa awal terbentuknya Monta Bassi Celebes kami dari pemerhati yang senang mustika yang bernuansa mistik peninggalan leluhur, tujuannya sebagai tanda-tanda kebaikan yang akan lahir sebuah peradaban yang bagus.

“Sebagai penerus pelestari adat dan budaya khususnya di Komunitas Monta Bassi Celebes sulawesi selatan awalnya dari hobi yang mempunyai jiwa-jiwa budaya sehingga tanpa kami panggil akan datang sendiri kemudian terjalin persaudaraan lalu tercipta suatu komunitas yang sampai saat ini,” Ucapnya.

Komunitas Pa’sereanta Monta’ Bassi Sulawesi Selatan ini baru saja dibentuk pada 23 September 2019 kemarin. Namun untuk hobinya mengoleksi batu monta’ sudah sejak lama. Kini ada akta notaris pendirian komunitas yang diakui negara.

“Insyaallah ke depan kami juga bekerja sama dengab Dinas Kebudayaan, untuk bagaimana komunitas kami ini diakui sebagai komunitas seni yang bisa mematenkan warisan leluhur,”Tutup Ketua Monta Bassi Celebes.

Laporan : Tim GTnews

Editor: Delom