Mengenal Obyek Wisata Pantai Lakey di Hu’u Dompu NTB Diincar Peselancar Dunia

85

GERBANGTIMURNEWS

DOMPU – Pantai Lakey ini berlokasi di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantai ini memiliki sapuan ombak unik yaitu ke kiri bukan ke kanan sebagaimana umumnya salah satu kawasan surfing terbaik dan unik untuk dikunjungi.

Keunikan ini juga nyatanya telah digenapin dengan keindahan pantai pasir putih serta angin laut terbilang kencang di kawasan ini juga mendukung kegiatan surfing, wind surfing, atau kite surfing.

Pantai ini memilki ombak yang terbilang sepanjang tahun, karena tidak terpengaruh musim, dan karenanya beberapa kali menjadi lokasi diadakannya kompetisi selancar dunia.

Keunggulan wisata pantai yang ditawarkan di tempat ini sebenarnya sudah dapat terlihat di pusat Kota Dompu, ditandai adanya patung orang yang tengah berselancar. Sebagai destinasi wisata yang lebih banyak menarik perhatian dan diincar peselancar asing.

Pantai ini masih terbilang agak sepi dan terpencil, peminat berkunjung ke Pantai Lakey masih didominasi oleh wisatawan asing sekitar 300 sampai 400 wisatawan setiap tahunnya,

Para wisatawan itu ada dari berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, Inggris dan negara lainnya.

Ombak kidal didukung dengan angin laut yang tergolong kencang akan mendukung kegiatan surfing yang sangat menantang adrenalin.

Selain itu pantai ini memiliki empat jenis ombak yang salah satunya tergolong ombak yang paling menantang dan hebat untuk berselancar karena menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri berbentuk terowongan dan bagian kanan berbentuk gulungan ombak.

Empat jenis ombak tersebut yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Karena keunggulannya, pantai ini sering dijadikan untuk mengadakan lomba surfing.

Biasanya, para bule lebih memilih ombak sangat menantang yaitu Lakey Peak. Lakey Peak menyuguhkan ombak dari arah kiri dan kanan. Dari arah kiri berbentuk terowongan panjang, sedangkan dari bagian kanan berupa gulungan ombak yang sempurna.

Untuk para pengunjung yang tidak berminat untuk melakukan surfing, tempat ini masih sangat cocok untuk dikunjungi.

Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat indah. Tak jauh dari garis pantai, terdapat sebuah Goa peninggalan Jepang yang letaknya berada di atas bukit.

Para pengunjung dapat mendaki bukit ini untuk dapat melihat pemandangan sunrise dan sunset dengan sangat sempurna.

Bukan hanya itu Pantai Lakey sudah banyak menawarkan tempat-tempat baru seperti sudah adanya akustik dan café-café di sekitar pantai sehingga menarik simpati para pengujung.

Tidak perlu khawatir untuk pemula yang ingin belajar surfing tapi tidak membawa perlengkapan alat surfing. Karena di sekitar pantai sudah disediakan alat surfing beserta alat pendukung lainnya oleh beberapa penduduk setempat, anda bisa menyewanya beserta dengan pelatih surfing jika berminat.

Selain itu, keindahan pemandangan bawah laut yang terdiri dari karang-karang dan ikan sangat sayang jika dilewatkan.

Oleh karena itu bagi pengunjung yang ingin snorkeling juga bisa menyewa alat yang telah disediakan.

Bukan hanya untuk peselancar, bagi yang gemar memancing, pantai ini juga menawarkan spot memancing yang ciamik. Berbatasan langsung dengan perairan Australia, Pantai Lakey punya keanekaragam ikan bawah laut. (*)

Laporan: Nur Alia
(Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba