Lindungi Kesehatan Warga” Kementerian PUPR Bangun 50 MCK Di Desa Kalimporo Jeneponto

41

GERBANGTIMURNEWS.COM-JENEPONTO – Tahun ini Pemerintah Desa Kalimporo kecamatan bangkala kabupaten jeneponto memberikan bantuan berupa subsidi pembangunan Water Closet (WC) kepada masyarakat yang kurang mampu yang tersebar di 7 dusun di Desa Kalimporo.

Hal ini dilakukan karena masih banyaknya warga yang belum memiliki jamban sehat.

Tercatat sekitar 50 rumah yang mendapatkan bantuan WC gratis di tahap pertama dan tahap kedua ini dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan dan survei untuk kelayakan bantuan.

Bantuan tersebut merupakan upaya perwujudan terhadap arah tujuan Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Ta.2021 yaitu di sektor Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi serta Desa Sehat dan Sejahtera.

Samuddin selaku ketua KSM Toddopulia desa Kalimporo yang mengelolah bantuan ini memberikan pengharapan bahwa dengan adanya bantuan tersebut dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Desa Kalimporo, Sabtu (03/04/2021).

Hal ini dilakukan karena masih banyaknya warga yang belum memiliki jamban sehat dan memilih untuk buang air besar.

Tercatat di tahap pertama sekitar 10 unit WC dengan masing- masing dusun tanetea sebanyak 7 unit WC dan dusun tanetea selatan sebanyak 4 unit WC dimana 10 unit tersebut sudah siap pakai oleh warga.

Yang mendapatkan bantuan wc gratis dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan dan survei lahan lokasi untuk kelayakan bantuan.

“Sementara di tahap selanjutnya (kedua) tercatat 14 unit WC terdiri dari masing- masing dusun masago 5 unit WC, dusun borong pandang 5 unit WC, dusun bonto sunggu 3 unit WC dan dusun tanetea selatan 1 unit WC yang masih tahap pembangunan dan tahap selanjutnya dusun tanatoa dan dusun pungkaribo tahap selanjutnya”, Ungkap ketua KSM Toddopulia.

“Harapan saya semoga pemerintah terus memberikan perhatian kepada masyarakat terutama yang berada di pelosok desa untuk terus membangun infrastrukturnya, salah satunya bantuan WC ini dan harapan selanjutnya agar dengan adanya bantuan tersebut dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat ” Ujar KSM Toddopulia desa Kalimporo.

“saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan kepada ketua KSM toddopulia karena baru kali ini saya mendapatkan bantuan WC semoga pemerintah dapat meningkatkan kepeduliannya lagi kepada warga tanetea yang masih membutuhkan bantuan WC” ungkap salah satu warga yang mendapatkan bantuan WC.

Dengan terealisasinya pembangunan WC atau Jamban ini juga diharapkan agar Desa Kalimporo dapat terbebas dari kategori Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Laporan: DN