kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI mengunjungi Balai Anak Toddopuli, Makassar, Sulawesi Selatan

30

“kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI mengunjungi Balai Anak Toddopuli, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/10/2021) guna memastikan negara hadir memberi perhatian khusus kepada anak-anak yatim piatu yang sebagian besar orangtuanya meninggal akibat Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily dan beberapa anggota Komisi VIII DPR RI yang hadir seperti Samsu Niang, Idah Syahidah Rusli Habibie, Itje Siti Dewi Kuraesin, M.Ali Ridha, M.Husni, Lisda Hendrajoni, dan M.Rizal juga ikut menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial dan BAZNAS berupa tabungan pendidikan dan bantuan lainnya untuk anak yatim piatu, para penyandang disabilitas, dan para lansia yang totalnya mencapai lebih dari satu miliar.

“Saya berharap agar bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya sebagai modal kehidupan ke depannya. Dan kami meyakini di daerah lain pun banyak anak-anak yang bernasib sama. Oleh karena nya kami akan terus mendorong agar negara hadir memperhatikan dan memberi perlindungan termasuk pendidikan kepada anak-anak tersebut, termasuk juga para penyandang disabilitas dan para lansia,” ujar Ace.

Tidak hanya itu, Komisi VIII DPR RI juga berencana untuk menginisiasi RUU khusus tentang yatim piatu. Agar hak-hak anak mendapat perlindungan dan perhatian termasuk pendidikan yang layak dipenuhi oleh negara sebagaimana perintah konstitusi. (ayu/es)