Kodim 1428 Mamasa Ajak Penyuluh Tingkatkan Produksi Pertanian Di Desa Banea 

71

GERBANGTIMURNEWS.COM-MAMASA: Tingkatkan Produksi Pertanian Di Desa Banea’, Kodim 1428 Mamasa Ajak Penyuluh dalam Kegiatan TMMD ke 112. Rabu 29/09/2021.

Dalam kegiatan ini pemberi materi tentang Kelompok Tani atau Poktan adalah Imanuel Demmarampan, SP dari dinas Pertanian Mamasa mengatakan Kelompok tani didefinisikan sebagai sebuah kelembagaan di tingkat petani yang dibentuk untuk mengorganisasikan para petani dalam menjalankan usaha taninya.

Turut hadir Kepala Desa Banea Thomas Tato, Pasi Ter Kodim 1428/Mamasa Lettu Inf Sunyoto dan Lewi Mangguali, SP Pimpinan BPP Sumarorong sekaligus membawakan materi tentang Perbanyak Tanaman Alpukat dengan Sambung pucuk.

Teknik sambung pucuk dilakukan dengan cara menggabungkan batang atas dan batang bawah. Batang bawah diharapkan menjadi batang yang tahan terhadap patogen tanah dan kokoh, sedangkan batang atas merupakan bagian yang memiliki karakter produksi yang diinginkan. Batang bawah ini biasanya menggunakan tanaman yang berasal dari biji sehingga memiliki perakaran yang kuat. Perpaduan dari bagian tanaman yang disatukan tersebut diharapkan akan menghasilkan tanaman jenis baru dengan sifat genetis yang memiliki keunggulan, yaitu kokoh, perakaran kuat, cepat berbuah, produktif, tahan penyakit dan mutu buah baik sesuai dengan sifat genetis induknya, Ujar Lewi Mangguali dalam materinya.

Penyuluhan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat setempat karena desa ini adalah desa yang menghasilkan alpukat dengan jumlah besar hampir semua masyarakat mempunyai pohon Alpukat.

Thomas Tato selaku kepala Desa Banea Kec. Sumarorong Kab. Mamasa mengatakan selain membangun desa kami, kami juga bersyukur karena adanya Program dari Kodim 1428/Mamasa yaitu TMMD ke 112 masyarakat kami banyak diberi pelajaran melalui sosialisasi dan penyuluhan, yang mungkin dulu kami tidak tahu dan akhirnya kami tahu karena adanya kegiatan ini.

Laporan: (Andi Waris Tala)