Ini Tawaran Program Pembelajaran Rumah Al-Qur’an Buhung Batua Bulukumba

7

GERBANGTIMURNEWS

BULUKUMBA – Rumah Al-Qur’an ini beralamat di Buhung Batua Desa Somba Palioi, Kecamatan Kindang, Bulukumba. Rumah ini didirikan oleh Ust. Risal Sulle, S.Ag, pada 5 April 2020.
Mendirikan Rumah Quran ini dengan berbagai program dan kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas baca Al-Quran.

Tema mendirikan Rumah Al-Qur’an ini, Bersama Al-Qur’an Kita Mulia, Bersama Al-Qur’an Kita Merdeka, Bersama Al- Qur’an Kita Menguasai Dunia.

Saat didirikan rumah ini masyarakat Somba Palioi masih minim dalam ilmu tajwid dan keluarga beliaupun juga berkeinginan untuk belajar tahsin/perbaikan bacaan Al-Qur’an.

Kepada media pertengahan Desember 2020, pendiri Rumah Al-Qur’an Buhung Batua Ust. Risal Sulle, S.Ag mengatakan inisiatif membangun rumah ini karena ingin melihat masyarakatnya lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an

Adapn program utama Rumah Al-Qur’an Buhung Batua ini, di antaranya adalah: Pengenalan huruf hijaiyah. Kelas alif, kelas ini dibagi menjadi dua kelas. yakni kelas ikhwan dan akhwat, katanya.

Belajar ilmu tajwid (tahsin) kelas ini khusus untuk masyarakat yang sudah bisa baca Al-Qur’an namun bacaannya belum sesuai dengan ilmu tajwid.

Kelas tahfidz (menghafal Al-Qur’an). Program ini mulai dibuka pada tanggal 8 Agustus 2020. Kajian bulanan, dalam jangka waktu 4 bulan. Selain itu juga sudah melaksanakan dua kali kajian bulanan, tegasnya.

Kegiatan pengembangan kepribadian murid Rumah Al-Qur’an Buhung Batua yaitu: malam bina iman dan taqwa (MABIT), rihlal, life skill dan Camp Qur’an.

Pada pengembangan Rumah Al-Qur’an ini dibantu mengajar oleh sepupunya sendiri yaitu, Ana yang berumur 21 tahun dan Fahrul berumur 19 tahun.

Program ini terbuka untuk semua umur, anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut. Sampai saat ini jumlah santri sudah lebih 120 orang dan 60 orang dewasa yang belajar tahsin/perbaikan baca Al-Quraan, tidak hanya warga Somba Palioi, warga Benteng Palioi pun sudah dibuka Rumah Al-Quran yang berjumlah 40 orang,

Jadwal mengaji yaitu hari Ahad-Kamis pada pukul 13.00 atau setelah salat Dhuhur sampai pukul 15.00 sore bagi orang dewasa dan bagi anak-anak mulai pukul 13.00 sampai pukul 17.00 WITA.

Jumlah murid di Rumah Al-Qur’an ini terus meningkat sudah dapat melaksanakan kegiatan lomba cerdas cermat dan pembagian sembako

Kehadiran rumah ini sangat membantu masyarakat terutama pribadi dalam hal membaca Al-Qur’an karena di sini belajar hukum bacaan dan tajwid.

Selain itu proses belajar juga tidak mengandung unsur ketegangan karena Ustadz Rizal sendiri selalu mencairkan suasana dengan kelucuannya, kata Mulyati selaku warga Somba Palioi yang turut ikut belajar mengaji. (*)

Laporan : Musfira Basri
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba