Gereja di Makassar Aman Saat Malam Pergantian Malam Tahun Baru 2021

5

GERBANGTIMURNEWS

Makassar – Sejumlah gereja di Kota Makassar mendapat pengamanan ketat dari personel gabungan TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta pada hari malam pergantian Tahun 2021.

Salah satunya di gereja Paroki Pintu Masuk Unhas Jl. Perintis Kemerdekaan No. 9 Kota Makassar yang melaksanakan giat Ibadah Akhir Tahun dengan penerapan Prokkes yang ketat pada Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 20.00 Wita.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., mengatakan, pihaknya mengerahkan setidaknya 2.000 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2021.

Ibrahim menambahkan, pihaknya akan melakukan pengamanan sejak malam Misa.

Untuk malam Misa pun polisi memberikan izin, namun harus memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Selain pengamanan di tiap gereja, polisi bersama Dinas Perhubungan Makassar juga siap mengatur lalu lintas di sejumlah titik wilayah Makassar.

Diketahui, polisi tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk kegiatan malam pergantian tahun baru 2021.

Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya juga tidak akan mengeluarkan izin keramaian di tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat pada saat malam pergantian tahun baru 2021.

“Kami pastikan bahwa segala bentuk keramaian, perizinan untuk malam tahun baru misalnya tidak akan dikeluarkan oleh Polda Polda Sulsel,” kata Ibrahim saat dikonfirmasi.

“Angka penyebaran virus corona di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar saat ini masih mengalami peningkatan,” jelas Ibrahim.

Karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak berpesta dalam perayaan natal dan tahun baru. Masyarakat diminta tidak berkumpul yang memicu terjadinya kerumunan.

“Alangkah lebih berbahagia kalau membuat kegiatan di rumah saja, kumpul bersama keluarga dan bermunajat,” ucapnya. (hms Polda).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba