GEMPABUMI TEKTONIK M=4.7 DIRASAKAN DI PANGANDARAN DAN SEKITARNYA

8

GERBANGTIMURNEWS

Pangandaran – Hari Jumat, 15 Januari 2021 pukul 21:17:03 WIB, wilayah Kab. Pangandaran – Jabar dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.7. Episenter terletak pada koordinat 8.48 LS dan 108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Tenggara KAB-PANGANDARAN-JABAR pada kedalaman 57 kilometer.

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

*Dampak Gempabumi:*
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah* ), di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda tergantung bergoyang* ). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

*Gempabumi Susulan:*
Hingga pukul 21:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

*Rekomendasi:*
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi http://balai2.bmkg.go.id/

◊ Muh Faisal / Tim Geetim News