Dosen ITERA Zulqadri Ansar Nara Sumber Pada Seminar Internasional di Croasia

43

GERBANGTIMURNEWS

MAKASSAR – Dosen Fakultas Tehnik Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Zulqadri Ansar, tampil menjadi salah seorang nara sumber pada seminar internasional di Kroasia berlangsung secara daring, Kamis (10/12/2020).

Zulqadri yang juga mahasiswa S3 Technical University of Munich, (TUM) Jerman, membawakan makalah berjudul, Smart land Use Control in Indonesia.

Kegiatan ini bertajuk, International Doctoral Seminar on Geodesy Geoindormatics and Geospace.

Pada makalahnya dijelaskan, di Indonesia, konversi lahan terjadi secara eksponensial karena pertumbuhan penduduk perkotaan dan teknologi transportasi, serta peningkatan teknologi informasi.

Namun demikian, sistem pengendalian pembangunan Indonesia masih memiliki banyak celah, seperti lemahnya pengawasan dari Pemerintah, tandas putra pertama dari
Prof. Dr. Ansar, SE., M. Si yang kini jadi Ketua Prodi S3 Manajemen PPs- STIE Amkop Makassar

Pada penelitian ini ada lima luaran, diantaranya; (1) Faktor yang mendorong konversi lahan di pinggiran kota; (2) Simulasi perubahan penggunaan lahan, tandas magister perencanaan wilayah ITB ini.

(3) Optimalisasi sistem pengendalian pembangunan; (4) Peran teknologi penginderaan jauh dalam membantu pengembangan sistem kendali; (5) Strategi yang mungkin untuk memiliki kontrol penggunaan lahan yang cerdas.
Seminar Internasional ini diikuti peserta dari Indonesia, India, Filipina, Jerman, Kroasia, Belgia.

Zulqadri lulus S1 Tehnik Perencanaan Wilayah Unhas 2010, S2 Perencanaan Wilayah PPs-ITB 2013, serta lulus diterima jadi CPNS ITERA 2015.

Di kampusnya, diberi amanah jadi Ketua Kesehatan, Ketertiban dan Keamanan Lingkungan (K3L) ITERA. (ulla/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba

Gertim News