Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Kunjungi BRSLU “Gau Mabaji” di Gowa

117

GERBANGTIMURNEWS.COM

GOWA (04 November 2020) – Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) “Gau Mabaji” Di Gowa yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial menerima kunjungan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat lebih dekat proses pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia yang dilaksanakan oleh Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa sekaligus menjajagi sarana prasarana yang ada dalam Balai.

Kepala Balai, Wahidin dalam beberapa kesempatan menyampaikan bahwa Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa memiliki peran sebagai koordinator regional di sepuluh wilayah jangkauan.

“Salah satu fungsi Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa adalah sebagai koordiantor regional layanan rehabilitasi sosial lanjut usia di sepuluh wilayah jangkauan kerja yang meliputi, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali” Ujar Wahidin.

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang masuk dalam wilayah jangkauan kerja sekaligus sebagai lokasi domisili Balai. Oleh karena itu, sinergitas program dalam memberikan pelayanan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia haruslah berjalan dengan baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Gemala Faoza menyampaikan bahwa kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Sulawesi Selatan untuk melakukan penjajakan ke Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa.

“Kunjungan kami ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Sulawesi Selatan untuk menjadikan Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa sebagai contoh dalam renovasi pembangunan Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Mappakasunggu di Pare-pare” Kata Gemala.

Sebagai lembaga percontohan BRSLU “Gau Mabaji” berupaya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana serta sebagai laboratorium, menyediakan fasilitas ruang terapi fisik (terdiri dari fisioterapi dan make up terapi), terapi psikososial (terdiri dari ruang konseling peksos dan psikolog, serta ruang terapi kelompok, ruang terapi musik dan terapi kenangan (terdiri dari ruang karaoke bioskop mini dan fasilitas mini bar).

Selain itu, aksesibilitas dan konsep “Go Green” juga menjadi fokus dalam pembangunan sarana prasarana dalam Balai.

“Aksesibilitas sarana prasarana bagi lanjut usia dan disabilitas juga akan kami aplikasikan dalam Panti yang kami miliki. Selain itu, wilayah yang asri dan rindang juga menjadi hal yang dapat kami contoh” tambah Gemala.

Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial, Abdul Malik menerima kunjungan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus memberikan penjelasan mengenai profil Balai.

Editor : Dhani Naba