Dibuka Gerakan Wakaf Rehabilitasi Masjid Nurut Tijarah Bongki Pasar Sentral Sinjai

38

GERBANGTIMURNEWS

SINJAI – Pengurus Masjid Nurut Tijarah Bongki Pasar Sentral Sinjai membuka Gerakan Wakaf Rehabilitasi Pembangunan Masjid untuk melakukan perbaikan pada beberapa bagian fisik masjid yang terletak di Jl. Gunung Bawakaraeng Sinjai ini.

Demikian di tegaskan, Penanggungjawab Gerakan Wakaf Rehabilitasi Masjid Nurut Tijarah Bongki Pasar Sentral Sinjai, Kaharuddin Mustafa kepada media di Sinjai, Rabu (30/12/2020).

Dijelaskan, bagian masjid yang sangat mendesak dilakukan rehabilitasi termasuk, pintu utama, jendela, dinding, lantai dan platfon.

Sejak dicanangkan gerakan wakaf respon ummat cukup positif terbukti sumbangan dalam bentuk material sudah ada yang masuk termasuk tegel granit ukuran 1.20 Cm x 60 Cm, tercatat ada 272 dos.

Selain itu sudah ada sebanyak 282 zak semen, berupa DO semen sebanyak 120 zak. Tanah timbunan 30 truk, pasir 14 truk. Ada juga bantuan uang tunai senilai Rp 33.805.000,-.Sumbangan itu datang dari jamaah sekitar masjid dan ada juga datang dari dermawan yang tinggal Palu dan Makassar, katanya.

Saat ini rehabilitasi pembangunan bagian masjid itu sudah mulai dikerjakan sejak Nopember 2020.

Rehabilitasi pembangunan beberapa bagian masjid ini direncanakan sudah dapat difungsikan dalam bulan Suci Ramadhan 2021.

Masjid yang mulai difungsikan sekitar tahun 1980-an, berkapasitas 1.000 jamaah dengan luas bangunan masjid dua lantai 15 x 30 meter.

Pengurus masjid juga telah memasukkan proposal permintaan bantuan pembangunan masjid ke Pemerintah Kabupaten Sinjai, kata Kahar.

Masjid Nurut Tijara ini, di masa hidup Pendiri Ponpes Darul Istiqamah Pusat Maccopa Maros, Ust Achmad Marzuki Hasan, sejak 1980-an, menjadi awal merintis dakwah Islam dengan melakukan pengajian rutin setiap Senin dan Kamis, waktu magrib dan isya dan lanjut pada salat subuh.

Saat ini pengajian rutin tetap dilaksanakan setiap Sabtu malam waktu magrib sampai isya dan Rabu usai salat subuh dengan penceramah dari Ponpes Darul Istiqamah.

Adapun Ketua Pengurus Masjid Nurut Tijarah, Nasrullah Nonci, S.Pd.I, M.Pd.I. Sekretaris dan Wakil, Kaharuddin Mustafa dan Bakri Ahmad. Bendahara, dan Wakil Bendahara, H. Syamsuddin dan Drs. Amin Cato.

Penasehat Pengurus Masjid Nurit Tijarah, Drs. H Akbar Mukmin, M.Si, sehari hari adalah Sekkab Sinjai dan KH.Fadlullah Marzuki Hasan, S.Pd.I, M.Pd.I, sehari-hari adalah Ketua Yayasan Al Markaz Sinjai. (ila/yahya).

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba