Bupati Enrekang Minta IPIM Rumuskan Solusi Peningkatan Kualitas Imam

7

GERBANGTIMURNEWS.COM

Enrekang – Wakil Bupati Enrekang Asman, SE. menaruh harapan besar kepada para imam masjid di daerahnya hendaknya mampu memelihara keteladanan sebagai pemimpin yang setiap saat berada di masjid.

“Kepeloporan imam masjid tidak hanya sebagai panutan saat berada di masjid tapi juga saat melayani jamaah terutama menjawab kegelisahan, seperti di tengah pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Harapan besar itu dikemukakan Wabup Asman, SE. dalam sambutannya sesaat sebelum membuka resmi Rakerda Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kabupaten Enrekang, di Resting House, Villa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Minggu (1/11/2020).

Rakerda tersebut diikuti sekitar 50 Imam masjid. Turut dihadiri ini Ketua IPIM Sulsel KH. Masykur Yusuf, S.Ag,M.Ag., dan Ketua MUI H Amir Mustafa, LC, M.Pd.I.

Dalam acara pembukaan Rakerda tersebut Ketua IPIM Kiai Masykur menyerahkan bantuan kepada Drs. Isran dari Kecematan Cendana, Amiruddin Kecamatan Enrekang, Bahrun, S.Ag dari Kec. Anggeraja, Azmi (Kec. Maiwa), dan Bidu dari Bungin.

Menurut Asman dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Enrekang memberi apresiasi atas berdirinya IPIM di Enrekang. Hal ini sesuai Visi Bupati dan Wabup Enrekang Maju, Aman, Sejahtera, Religius Berkelanjutan sehingga diharapkan keberadaan IPIM akan membangun sinergi dengan Pemkab Enrekang.

”Insya Allah kita akan bersinergi. Tentang komitmen Pemkab Enrekang untuk meningkatkan kesejahteraan para imam masjid saya rasa tidak perlu lagi menjadi permasalahan karena Bupati adalah sosok yang sangat peduli terhadap pengembangan Agama terutama upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan para Imam Masjid,” kata Asman.

Wabup Berharap dengan keberadaan IPIM dapat memberi solusi peningkatan mutu dan kualitas sekitar 600 Imam Masjid yang tersebar di seluruh pelosok Enrekang.

“Kalau kualitas Masjid kita saya kira sudah cukup baik, yang harus diperhatikan saat ini adalah Imam Masjid. Imam Masjid ini memang harus diperhatikan karena tanggungjawabnya sangat besar. Selain menjalankan tugas sebagai Imam, dia juga harus bisa menarik jamaah lebih banyak lagi hadir memakmurkan masjid,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah IPIM Sulawesi Selatan Drs. KH Masrur Yusuf, S.Ag mengatakan, tugas utama pengurus daerah harus mensosialisasikan organisasi ini agar semua orang tahu apa itu IPIM.

”Selanjutnya jangan tidur, lakukan silaturahmi dengan Pemkab, Instansi vertikal dan seluruh Organisasi yang ada di Enrekang,” kata KH Masykur Yusuf.

Selain itu lanjutnya, tugas IPIM adalah membina imam masjid dengan baik imam Masjid juga harus tahu fungsi dan keberadaannya.

“Tugas kita bukan saja sebagai imam masjid tetapi lebih dari itu tugas kita juga mempersatukan umat. Meski kita mayoritas tapi bukan berarti kita matikan kelompok yang kecil-kecil,” tambahnya.

Rapat kerja IPIM 2020 ini, membahas poin-poin yang mendesak untuk segera dilakukan seperti membentuk pengurus di tingkat kecamatan, menyiapkan sekretariat dalam waktu dekat dan legalitas organisasi di Kesbangpol. (H. Jurlan).

Editor: Fakhruddin / Dhani Naba.