Begini Kronologis Seorang Tahanan Kabur Dari Rutan Polres Jeneponto

92

GERBANGTIMURNEWS.COM-JENEPONTO: Tahanan kasus pencurian emas dikabarkan kabur dari rumah tahanan polres jeneponto, Sulawesi Selatan

Kasat Tahti Polres Jeneponto, Iptu Munir membenarkan hal tersebut. Pelaku yang diketahui bernama Ahmad warga Kabupaten Bantaeng melarikan diri pada Sabtu (16/4/2022) usai salat subuh

“Iya, ada-ada benar,”kata Munir kepada media ini

Menurut Munir, pelaku tersebut bisa kabur karena gembok sel dan pintu masuk tidak terkunci, Belum lagi suasana sel tengah sunyi. Sejumlah tahanan lain hingga petugas yang berjaga sedang tertidur pulas.

“Ada petugasnya. Tapi mungkin tertidur ki,” jelasnya.

Momen itu kemudian dimanfaat kan oleh Ahmad. Berdasarkan rekaman CCTV memperlihatkan Ahmad sedang mengambil kunci yang tak jauh dari sel. Kebetulan, kunci sel lupa diambil oleh petugas yang berjaga.

“Didalam kan ada dua gemboknya, ada dua kunci pintu, di luar dengan di dalam. Yang didalam ini ternyata waktu kita lihat di CCTV, ternyata kunci itu dia lupa ambil. Jadi teman-teman tahanan lainya tidur, akhirnya dia cari bagaiaman bisa ambil itu kunci,” terangnya.

Kendati demikian, kaburnya Ahmad tak lepas dari kelalaian petugas yang menjaga waktu itu. Ia mengaku pihaknya sudah Kecolongan.

“Maksudnya begini, kalau saya lihat ini orang jaga yang lalai. Kalau cara kaburnya, gembok tidak terkunci. Itulah saya bilang, karena kelalaian petugasnya,” ucapnya.

Hingga kini, kata dia, pihaknya sudah melakukan pencarian termasuk menghubungi pihak keluarga Ahmad.

“Kita sudah mencari pelaku,” pungkasnya.

Laporan: Safari Jarre

Editor: Delom