Balai Lansia Gau Mabaji Gowa Sambangi LKS-LU di Jeneponto untuk Memperkuat Pelaksanaan Program ATENSI

76

Gerbangtimurnews.com,Jeneponto – Senin 28 September 2020, Balai Rehabilitasi Sosial Lansia Usia (BRSLU) “Gau Mabaji” di Gowa melaksanakan Forum Group Discusion (FGD) di Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan kegiatan FGD ini merupakan salah satu bentuk langkah progresif Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI di Lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Ditjen Rehsos) dalam melakukan upaya untuk mensukseskan implementasi program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Kepala Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa, Syam Wuryani dalam sambutannya menyampaikan bahwa LKS-LU memiliki peran penting dalam pelaksanaan program ATENSI.

“Kedepan program ATENSI tidak hanya berbasis Balai/Panti, tetapi juga berbasis Keluarga dan Komunitas. Basis komunitas ini akan melibatkan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU), sehingga LKS-LU memegang peran penting dalam pelaksanaan ATENSI” Ujar Yani.

Selain mensosialisasikan program ATENSI, dalam kegiatan juga dilaksanakan monitoring dan evaluasi bantuan sosial program rehabilitasi sosial lanjut usia yang dilaksanakan bagi 530 lanjut usia di enam LKS-LU, diantaranya LKS-LU Nur Rahmah, LKS-LU Al Fajar Nurlinda, LKS-LU Rahma Darma Jaya, LKS-LU Rahmat Azizah, dan LKS-LU Bakti Jaya, LKS-LU Ummi Nahariyah.

Masing-masing LKS-LU memaparkan pengalaman sekaligus kendala dalam penyaluran bantuan sosial dan pelayanan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia binaannya. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh LKS-LU selanjutnya dibahas bersama dalam kegiatan ini dan hasil dari diskusi ini akan dijadikan sebagai bahan masukan guna perbaikan program kedepannya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Siti Arnidah, Tenaga Professional Lanjut Usia (Tegpro LU), Muhammad Kaharuddin dan Ketua masing-masing LKS-LU.

Ahmad Sijaya, Ketua Regional 2 LKS-LU sekaligus Kepala LKS-LU Pemuda Peduli Kasih menyampaikan bahwa perlunya koordinasi dan komunikasi yang baik untuk pemberian pelayanan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia.

Diakhir kegiatan disimpulkan bahwa seluruh peserta FGD baik dari Dinas Sosial maupun dari LKS-LU mendukung dan siap bersinergi dengan Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa dalam melaksanakan pelayanan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia melalui program ATENSI.

Humas Balai Lansia “Gau Mabaji” di Gowa

Editior : Dhani Naba