Aset Lelang Sulit Ditempati Pemenang lelang, Lembaga DERAK Makassar Minta Pertanggung Jawaban PMN Cab Makassar

82

Makassar, GerbangTimurNews com,-Ketua Dewan Rakyat Antikorupsi (DERAK) Kota Makassar, Zulkifli HIM mengatakan DERAK Makassar menerima keluhan atau pengaduan dari seorang masyarakat bernama Emilia Kumendong sebagai pemenang lelang ruko oleh PT PMN Cabang Makassar pada 16 Agustus 2019.

Menurut Zulkifli, Emilia komendong, telah menangkan lelang atas satu unit ruko di Jalan S.Saddang nomor 9 dengan nomor SHM 20292, kelurahan maradekaya selatan kecamatan Makassar, Kota Makassar.Pemenang lelang ruko tersebut Berdasarkan risalah lelang nomor 740/72/2019, yang ditanda tangani oleh KPKLN Makassar.

Setelah risalah lelang keluar,dan dimenangkan oleh Emilia Kumendong, harusnya unit ruko dikosongkan oleh pemilik lama. Objek unit ruko harus kosong dari penghuni sebelumnya.

“Tapi kenyataannya, aset ruko yang dilelang oleh PMN Cab Makassar masih dikuasai pemilik lama, kami minta pertanggung jawaban PMN Cab Makassar,” tegas Zulkifli.

Alhasil, beberapa kali pemenang lelang, Emilia Kumendong, lakukan usaha sampai mengeluarkan biaya tak sedikit, bahkan hingga saat ini kurang lebih 2 tahun, ia masih tak bisa menempati atau menguasai secara fisik ruko tersebut.Meski sertifikat sudah dipegang oleh Emilia Kumendong sejak memenangkan lelang pada 2019 lalu.

Dengan kondisi itu, Menurut Ketua DERAK Makassar, Zulkifli HIM ,hal itu sama saja seperti pembodohan terhadap pemenang lelang unit ruko tersebut.

Upaya-upaya yang dilakukan kuasa pemenang lelang, kata Zulkifli, sudah memberi somasi sebanyak 2 kali kepada PMN Cabang Makassar untuk segera melakukan atau mengganti kerugian-kerugian pemenng lelang.Namun hingga saat ini belum bisa menguasai secara fisik ruko tersebut.

Kami, kuasa pendamping pemenang lelang, meminta OJK untuk menjembatani kerugian nasabah pemenang lelang, masalah ini dengan Pihak PMN Cabang Makassar.

“Karena pihak Emilia sangat dirugikan baik secara moril dan materil, makanya kami minta masyarakat juga berhati-hati terhadap lelang aset nasabah di PMN Cabang Makassar,” tegas Zulkifli.

Selain itu, Kami menuntut pengembalian pelunasan pembayaran objek lelang berupa ruko tersebut kepada PMN Cabang Makassr. (*)