Air Terjun Laburan Enrekang Sajikan Pesona Panorama Alam Memukau

17

GERBANGTIMURNEWS

ENREKANG – Massenrempulu sebutan lain Enrekang, memiliki banyak tempat wisata dan dikenal masyarakat luas. Salah satunya adalah Air Terjun Laburan.

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Singki, Kecamatan Anggeraja Enrekang. Letak dari air terjun ini tepat berada di hamparan kaki Gunung Bambapuang.

Tempat wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan,terlebih ketika akhir pekan.

Menuju onyek wisata ini dari arah Enrekang dapat daerah Kotu ambil kiri, sedikit ada tanjakan menuju arah Kasambi/Cendana Duri terus lagi dapat Singki kemudian bertanya ke warga jalan menuju air terjun, sudah pasti warga yang ditanya akan mengarahkan.

Akses menuju lokasi sudah bagus, menggunakan kendaraan motor/mobil bisa semua. Satu lagi balik dari lokasi air terjun bisa terus ke Pasar Jodoh. Nah ini spesial untuk yang masih jomblo

Selama perjalanan menuju tempat wisata air terjun, wisatawan akan disuguhi hamparan perkebunan sayur milik warga sekitar.

Ketika perjalanan telah sampai pada salah satu perkebunan milik warga, pengunjung masih diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter untuk mencapai tempat wisata air terjun ini.

Selain itu, bagi yang berasal dari Kota Enrekang, maka dibutuhkan jarak sekitar 20 km untuk mencapai Desa Singki.

Dari Desa Singki diarahkan melalui tengah hutan dengan berjalan kaki. Perjalanan itu memang terbilang sedikit melelahkan. Namun jangan khawatir, karena semua rasa lelah anda akan terbayar dengan pesona panorama alam yang sangat memukau dari air terjun ini.

Keindahan dari air terjun ini sangatlah luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 15 meter dan lebar dari air terjunnya sekitar 10 meter.

Wisata air terjun ini miliki kedalaman air sekitar kurang lebih 4 meter. Air terjun ini berasal dari pegunungan Bambapuang.

Karena berasal dari pegunungan, airnya pun terasa begitu menyegarkan. Di sini, bisa merasakan ketenangan dengan suara dari gemericik air yang berpadu dengan kicauan burung.

Tidak hanya keindahan air terjun yang bisa dinikmati, namun juga keindahan lingkungan sekitarnya.

Air terjun ini diapit oleh hutan rimbun yang masih sangat alami dan asri. Hijaunya hutan menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitaran air terjun.

Airnya yang sangat segar membuat pengunjung betah berlama-lama. Suasananya juga sangat alami, mengingat lokasi terletak di bawah gunung Bambapuang.

Selain menikmati pemandangan air terjun yang memukau, pengunjung juga dapat bermain air di kawasan wisata air terjun ini.

Mandi di kawasan air terjun ini terasa menyenangkan karena airnya jernih dan sangat segar. Kesegaran air terjun ini berasal dari kawasan pegunungan serta hutan yang ada di sekitarnya.

Namun perlu diperhatikan lagi, bahwa kedalaman dari kawasan air terjun ini bisa menenggelamkan pengunjung yang tidak bisa berenang.

Kedalamannya mencapai 4 meter dari permukaan tanah. Oleh sebab itu bagi pengunjung yang tidak bisa berenang serta membawa buah hatinya untuk tidak lupa persiapkan perlengkapan pengaman berupa ban atau pelampung.
Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan selain berenang adalah berfoto. Ada banyak spot-spot foto menarik yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang cantik dan indah.

Anda bisa berfoto di bawah air terjun, atau berfoto di kawasan air terjun dengan memaksimalkan background dari hutan rimbun yang berada di sekitaran kawasan air terjun.

Background pemandangan alam menakjubkan itu tentu akan menghasilkan foto yang instagramabel untuk feed postingan anda.

Bagi pengunjung menyukai kegiatan alam serta menginap di alam terbuka, maka kawasan air terjun Laburan ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Lainnya seperti camping atau berkemah. Suasana serta pemandangan alam masih sangat asri inilah membuat para wisatawan dengan jiwa alam memutuskan berkemah di kawasan ini.

Suasana akan semakin hidup tatkala malam datang ditambah dengan hadirnya kehangatan api unggun.

Bagi pengunjung yang ingin berlimbur ke tempat wisata air terjun Laburan ini, jangan terlalu berharap lebih untuk fasilitas disediakan di sana.

Mungkin hanya ada orang yang berjalan di sekitar pintu masuk menuju kawasan wisata air terjun. Belum ada fasilitas lengkap yang menunjang kawasan wisata air terjun ini dikarenakan belum adanya swadaya dana yang bisa digunakan untuk pengelolan kawasan wisata ini. (*).

Laporan: Ayinun
(Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Melaporkan dari Bone)

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba