21 Desember 2020 merupakan hari bersejarah bagi Pengadilan Agama Tulang Bawang

37
hari bersejarah bagi Pengadilan Agama Tulang Bawang, Dikarenakan Pembangunan Zona Integritas yang telah dilakukan membuahkan hasil Predikat WBK dari Kemenpan-RB Tjahjo Kumolo. (Foto) Nurwan - Gertim News

GERBANGTIMURNEWS

Tulang Bawang – Senin 21 Desember 2020 merupakan hari bersejarah bagi Pengadilan Agama Tulang Bawang, Dikarenakan Pembangunan Zona Integritas yang telah dilakukan membuahkan hasil Predikat WBK dari Kemenpan-RB Tjahjo Kumolo.

Unit Kerja yang diusulkan untuk mendapat predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) berjumlah 3.691,yang terdiri dari beberapa Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi,dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Adapun yang berhasil melalui beberapa tahapan penilaian dan mendapatkan predikat tersebut sejumlah 763 unit kerja.

Sedangkan unit kerja yang berada di bawah naungan Mahkamah Agung RI berjumlah 93 Unit Kerja yang berhasil mendapatkan predikat tersebut,yang terdiri dari 4 Badan Peradilan yaitu Peradilan Negeri,Peradilan Agama,Peradilan Militer,dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Dari wilayah hukum Propinsi Lampung berjumlah 3 satuan kerja,yaitu Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Pengadilan Agama Tanggamus,dan Pengadilan Agama Tulang Bawang.

Dilansir dari Website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi www.menpan.go.id disebutkan bahwa Pencapaian predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas,Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga mendapatkan pelayanan yang prima dan berintegritas.

Menurut Plt.Deputi bidang Reformasi Birokrasi,Akuntabilitas Aparatur,dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi.

Secara umum,targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi,pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi,kolusi,dan nepotisme (KKN)serta peningkatan pelayanan publik.

Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Unit kerja peraih WBK dan WBBM harus mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi,berkinerja tinggi,dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di lingkungan kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Untuk mendapat predikat WBK/WBBM unit kerja harus memenuhi beragam kriteria yang telah ditetapkan,Dikatakan pula,WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi,kolusi,dan nepotisme.

Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan,penataan tata laksana,penataan sistem manajemen sumber daya manusia,penguatan pengawasan,dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.

Tidak berhenti sampai disitu,pimpinan unit kerja pelayanan serta jajarannya dipastikan harus sudah melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata,sistematis,dan bekelanjutan.

YM.H.Soleh,LC.M.A. Ketua (PA) Pengadilan Agama”mengatakan,Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa,sejak Pencanangan Zona Integritas di awal tahun 2019 sampai kepada beberapa tahapan dan evaluasi serta penilaian yang telah dilalui,baik dari Internal Mahkamah Agung sendiri dan dari Tim Penilai Nasional Kemenpan-RB, PA Tulang Bawang berhasil mencapai predikat WBK di akhir tahun 2020 ini.

Selanjutnya Ketua PA Tulang Bawang mengucapkan terima kasih kepada bapak Kemenpan-RB,Tjahjo Kumolo,serta ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berandil dalam pembangunan ZI ini.

Acara Penganugerahan Zona Integritas ini dilaksanakan secara daring melalui teleconference dan penyerahan Piagam Penghargaan dilaksanakan secara simbolis oleh Perwakilan Satuan Kerja Penerima Penghargaan.

Acara dihadiri oleh Beberapa Pejabat Tinggi Negara dan Wakil Presiden RI dari PA Tulang Bawang diikuti oleh Unsur Pimpinan via zoom meeting.

Setelah mengikuti acara penganugerahan secara daring, Seluruh Keluarga Besar PA Tulang Bawang mengadakan sesi foto bersama,pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur,dan pers teleconference dengan media cetak dan online Tulang Bawang. (Nrwn)

Penulis : Nurwan l Editor : Dhani Naba

Gertim News



Baca Juga : rajamuda-sewang-terpilih-sebagai-ketua-apdesi-kabupaten-jeneponto-peroleh-suara-terbanyak