100 Hari Kerja Lurah Pa’bundukang Takalar Persembahkan 5 Taman Inspirasi dan Resmikan BUMKEL

127

GERBANGTIMURNEWS.COM

TAKALAR – Lurah Pa’bundukang Kecamatan Polombangkeng Selatan Takalar Muh.Kasim SE, baru seratus hari diberi amanah dan tanggung jawab, tepat Sabtu (14/11/2020), betul-betul melaksanakan apa yang diperintahkan Bupati Takalar pada saat dilantik, persis 100 hari yang lalu, meminta melakukan inovasi dan terobosan untuk kemajuan Kelurahan Pa’bundukang.

Di awal kepemimpinannya, Kasim membuat tagline “Pa’bundukang Bersinergi” tujuan menyatukan seluruh potensi untuk membangun Pa’bundukang yang jauh lebih maju dan membanggakan ke depan.

Adapun inovasi dan terobosan dilakukan berupa membangun 5 Taman Inspirasi dalam bentuk : Taman Segitiga Polongbangkeng (TasPolPa’bundukang), Taman UKM & Kuliner, Taman LoVe Pa’bundukang, Taman Layanan Publik Pa’bundukang & Taman Sorga (Tanaman & Sayuran Organik) Kelurahan Pa’bundukang.

Sedangkan inovasi lainnya seperti telah membentuk BUMKEL, Badan Usaha Milik Kelurahan diberi nama “Bumkel Pa’bundukang Bangkit”, bertujuan membangkitkan potensi Ekonomi Masyarakat dan mengelolah Taman UKM & Kuliner sebagai pusat kegiatan ekonomi usaha dan pusat oleh-oleh di wilayahnya.

Inovasi lainnya memaksimalkan pelayanan dengan nama Prita Siloka (Pelayanan Prima Takalar Sistem Layanan Online Kelurahan), kata salah seorang cucu dari Pejuang Polongbangkeng, Basullu Daeng Lawa dikenal sebagai algojo Polongbangkeng ini.

Layanan publik ini memberikan kemudahan kepada masyarakat Pa’bundukang, cukup foto KTP, KK dan surat pengantar dari kepala lingkungan, dokumen dibutuhkan sudah bisa dibuatkan, selesai diambil sambil menyetorkan data yang difoto tadi sehingga efektif dan efesien sekaligus menghindari penyebaran covid-19 dan pungli.

Ada juga program Pa’bundukang Bincang-bincang, Program ini diinisiasi dengan tujuan dapat dengan cepat menyerap apa aspirasi atau keinginan dari masyarakatnya.

Serta telah melakukan sosialisasi dan pencegahan Covid-19 dengan mengadakan pembagian masker, handsanitizer, alat cuci tangan, alat semprot ke masing-masing lingkungan diserahkan Bupati Takalar di ruang pola kelurahan.

Lurah Pa’bundukang juga membuat Posyandu, membangun drainase, memberikan pelatihan pelaksanaan jenazah dan pelatihan khutbah,j uga membagikan bibit produktif dengan bekerjasama Dinas Lingkungan Hidup.

Pemasangan Lampu PLTS ke 4 lingkungan, sedang berjalan Program Jum’at Bersih Gema Tasamara dan juga Program Pa’bundukang “Berseri” (Bersedekah Sepuluh Ribu). Program ini juga sudah berjalan bekerjasama Komunitas TDA dan melibatkan partisipasi dari warga dan kantor yang ada di wilayahnya seperti Kantor Unit BRI, Polsek, Koramil, Pegadain.

Saat ini saldo sudah jutaan dan sudah dimanfaatkan membantu masyarakat yang berduka atau kesusahan, bantuan ke masjid bahkan dipakai memperbaiki lampu jalan yang rusak, mencat taman, harapannya seperti Baitulmal nantinya.

Aktif menjalin kerjasama pihak kampus, baru-baru ini telah Hadir Pengurus Pusat ADPERTISI (Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) yang menjadikan Kelurahan Pa’bundukang sebagai Kelurahan Percontohan serta bersinergi dengan Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar dan UIN Makassar.

Muh. Kasim SE, sering dipanggil Daeng Saung sedang merancang Pa’bundukang menjadi Kampung UKM dan Menjadi Kampung Organik.

Harapannya, ada pusat oleh-oleh khas Takalar di wilayahnya l kebetulan berada di poros jalan nasional dan berharap pada setiap rumah di Pa’bundukang ada 1 wirausaha baru tercipta, ada Bank Sampah Produktif,dengan tukar Sampah Plastik, Masyarakat bisa bayar Pajak & Tagihan Listrik. Dia akan terus melakukan inovasi dan terobosan.

Sosok lurah yang satu ini adalah mantan aktivis di masanya, pernah jadi Ketua HMI dan Hipermata Komisariat STIE Amkop Makassar. Juga pernah menjadi pengurus HIPMI,KNPI Takalar dan berbagai organisasi lainnya.

Saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan S2 di Program Pascasarjana STIE Nobel Makassar.

Dia juga berharap wilayah yang dipimpinnya akan semakin maju dan jauh lebih baik lagi ke depannya dengan bekerjasama berbagai pihak/stakeholder dengan selalu mendapat bimbingan dari Bupati Takalar dan pastinya selalu berharap berkah & petunjuk dari Allah SWT.

Acara 100 hari kepemimpinannya ini diadakan sekaligus peresmian inovasi, terobosan serta karya-karyanya dan juga dirangkaikan acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sebagai teladan bagi kita semua, ungkap, salah satu tokoh pemuda Takalar asal Polongbangkeng lahir 39 tahun lalu di Moncongkomba.

Amanah wajib ditunaikan, kata alumni Pondok Pesantren Tarbiyah Takalar ini. (yahya)

Editor : Fakhruddin / Dhani Naba.